Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tinta untuk Pembuatan KTP di Karimun Habis
Oleh : Nursali
Rabu | 03-08-2016 | 12:44 WIB
pembuatanKTP.jpg Honda-Batam

Masyarakat tengah mengajukan pembuatan KTP di Karimun (Foto: Nursali/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Tinta dasar pembuatan Kartu Tanda Penduduk di Kabupaten Karimun telah habis sejak beberapa waktu lalu Hal ini disebabkan banyaknya permohonan pembuatan KTP bagi penduduk lokal maupun pembaruan domisili.

Sebanyak 3 ribu permohonan pembuatan KTP telah diterima oleh Disduk Capil Karimun, terhitung dari Juni hingga Juli. Angka permohonan KTP baru ini tentunya tidak sesuai dengan kuota tinta yang diberikan Provinsi Kepri kepada Kabupaten Karimun.

"Kita hanya diberikan 4 kotak saja dalam setahun, 4 kotak itu untuk cetak 2 ribu KTP saja," Kata Kepala Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Karimun, Muhammad Tahar kepada BATAMTODAY.COM saat ditemui di ruangannya. Rabu (3/8/2016).

Namun, meskipun tinta KTP telah habis, pelayanan terhadap pembuatan KTP baru tetap berjalan. Pihaknya akan memberikan surat keterangan kependudukan yang bersifat sebagai pelengkap administrasi di suatu istansi sebelum dicetaknya KTP tersebut.

"Kita nanti buatkan surat keterangan yang membenarkan dia adalah warga Karimun. Biasanya ini diperlukan untuk mengurus di perbankan dan lainnya. Ini hanya bersifat sementara, jika KTPnya udah siap, maka surat ini tadi tidak berlaku lagi," katanya lagi.

Hingga saat ini pihaknya masih melayani permohonan pembuatan KTP baru, dalam sehari 30 sampai 50 orang yang datang langsung untuk pengurusannya tersebut.

"Nggak sampai 20 menit dalam mencetak KTP baru, asal datanya tunggal, tidak ganda," pungkasnya.

Editor: Surya