Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KM Lawit Tabrak Karang di Tambelan, Pelayaran Terkendala 9 Jam
Oleh : Harjo
Rabu | 03-08-2016 | 08:07 WIB

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Kapal milik PT Pelini, KM Lawit, dilaporkan menabrak karang dan kandas seusai menurunkan penumpang di Tambelan dan kapal hendak melanjutkan pelayaran, di sekitar Pepabuhan Tanjungayam, Pulau Tambelan, Kabupaten Bintan, Selasa (2/8/2016) sekitar pukul 02.30 Wib.

Demikian disampaikan Kapolsek Tambelan, Iptu Sopan, kepada BATAMTODAY.COM melalui sambungan telepon, Rabu (3/8/2016). Pada hari Selasa tanggal 2 Agustus 2016 pukul 02.30 Wib, Kapal Lawit yangg dinakhoda oleh kapten Komarudin menurunkan penumpang dan rencana langsung melanjutkan pelayaran ke Serasan.

Namun selesai kapal lego jangkar pukul 03.00 Wib, dan hendak melanjutkan perjalanan ke Serasan kemudian kapal memutar dalam keadaan gelap dan angin kuat. Dalam kondisi memutar, di depan kapal ada karang tipis dan jarang sehingga kapal menabrak karang.

Selanjutnya dilakukan evakuasi penumpang dengan bantuan kapal Samudra Wani 2 ke sekitar pelabuhan setempat.

"Kemudian sekitar pukul 10.15 Wib, kapal baru bisa bergeser dan lepas dari karang dan ditarik menuju laut, lalu berlabuh untuk dilakukan pengecekan," ungkap Sopan.

Dari hasil pemeriksaan, kapal tersebut dalam keadaan baik tidak ada kerusakan serta dinyatakan bisa melanjutkan pelayaran. Kemudian, melanjutkan pelayaran dari pulau Tambelan sekitar pukul 11.15 Wib.

"Kapal Lawit berangkat menuju Pulau Serasan dan ke pulau pulau lain dengan membawa penumpang dan crew 63 orang. Selama proses evakuasi hingga pelayaran kembali dilanjutkan, situasi aman dan kondusif," terangnya.

Dalam menangani kandasnya kapal tersebut, pihak crew dan kapten kapal berkoordinasi dengan Polsek Tambelan, bersama Posal serta Syahbandar Tambelan.

Editor: Dardani