Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gadis Cilik Ini Tak Bisa Berhenti Bersin Sampai 8.000 Kali
Oleh : Redaksi
Sabtu | 30-07-2016 | 10:50 WIB
barsin.jpg Honda-Batam

ilustrasi bersin (thinkstock)

BATAMTODAY.COM, Inggris - Berapa kali Anda bersin dalam sehari? Mungkin masih bisa dihitung dengan jari. Namun tak demikian dengan Ira Saxena. Saxena adalah seorang gadis muda dari Colchester, Inggris tak bisa berhenti bersin.

Dia tak bisa berhenti bersin dari saat dia bangun tidur. Setidaknya dia bersin lebih dari 10 kali per menit. Tampaknya saat ini kondisinya semakin buruk. Ibunya juga sudah merasa putus asa untuk menghadapi hal ini karena dokter sendiri mengaku tak tahu apa penyebab serangan bersin yang tak biasa ini.

Serangan bersin beruntun Saxena ini dimulai di pagi hari pada tiga pekan lalu. Dia bangun pagi dan mulai bersin-bersin tanpa henti. Mengutip Oddity Central, sang ibu, Priya mengatakan bahwa awalnya bersin itu tak terlalu parah. Namun semuanya berubah sampai pada titik di mana Saxena tak lagi bisa berhenti bersin.

Sampai saat ini, dia sudah bersin sampai lebih dari 8000 kali per hari. Tercatat bisa lebih dari 10 kali per menit sampai akhirnya dia tertidur.

"Untungnya dia bisa tidur dengan tenang. Itu adalah satu-satunya waktu di mana dia tidak bersin dan bisa tidur tenang sepanjang malam," kata ibunya.

Untuk menangani penyakitnya, Saxena sudah menemui banyak dokter. Setelah melihat berbagai kemungkinan penyebab bersin paling umum seperti pilek atau alergi, dokter sudah mengesampingkan beragam hal tersebut. Dokter mengatakan ini mungkin disebabkan karena sinyal yang salah yang dikirim dari otaknya, hanya saja mereka juga belum yakin 100 persen.

Kepada Daily Mail dia mengatakan bahwa seingatnya dia tak memiliki alergi terhadap apapun. Termasuk semua hal yang sudah diberikan kepadanya termasuk steroid, antihistamin, dan penyemprot hidung.

Selain tertidur, ada satu hal yang membuat gadis ini bisa berhenti bersin. Bersinnya akan berhenti ketika dia berada dalam sesi hipnoterapi. Namun, bersinnya akan kembali dimulai segera setelah dia bangin tidur.

"Rekor" terlama dia pernah berhenti bersin adalah sekitar 25 menit saja. Tak jarang pula dia pernah bersin lebih parah setiap 10-15 detik sekali.

Bersin-bersinnya ini membuat dia akhirnya merasa malu tak tak percaya diri untuk keluar. Dia bahkan tak lagi bisa pergi ke sekolah dan enggan keluar rumah.

"Ini sudah merenggut kehidupannya. Dia sangat frustasi tapi dia sangat berani," kata ibunya.

"Sejujurnya, hal tersebut lebih memengaruhi saya dibanding dirinya. Saya hanya ingin dia kembali seperti dirinya sendiri seperti sebelumnya."

Kasus serangan bersin ini bukanlah yang pertama kali terjadi. Meski terbilang jarang, namun hal ini pernah terdengar sebelumnya. Tahun 2009 lalu, gadis cilik Lauren Johnson mulai bersin ribuan kali sehari. Dia didiagnosis oleh seorang ahli imunologi bahwa sister kekebalan tubuhnya terganggu karena infeksi tenggorokan. Tahun lalu, Katelyn Thorney dari Texas juga mengalami bersin sampai 12 ribu kali sehari. (Sumber: Daily Meal)

Editor: Udin