Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kades di Lingga Tak Cakap Kerja, Mundur!
Oleh : Nurjali
Sabtu | 30-07-2016 | 09:14 WIB
alias-wello-dilantik.jpg Honda-Batam

Bupati Lingga Alias Wello. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Bupati Lingga Alias Wello mengimbau setiap Kepala Desa se Kabupaten Lingga yang merasa tidak sanggup untuk mengoptimalkan penyerapan dana desa, sebaiknya mengajukan pengunduran diri saja.

 

"Kalau ada Kades yang mengaku dirinya tak mampu atau tak sanggup untuk mengoptimalkan penyerapan dana desa, sebaiknya mundur," kata Alias Wello, dalam kegiatan Evaluasi Penyerapan Dana Desa Tahap I tahun 2016, di aula kantor Bupati Lingga, Jumat (29/7/2016).

Menurutnya, sikap sportif Kades yang seperti itu akan jauh lebih baik, agar pembangunan tiap desa tidak terhambat karena permasalahan ketidak mampuan pemerintah desanya.

Saat ini, dengan semakin besarnya dana Desa (DD) maupun alokasi dana desa (ADD) yang di kucurkan setiap tahunnya, memberi kesempatan besar bagi tiap desa dalam membangun.

Namun sebaliknya, jika kemampuan pemerintah desa menyerap anggaran pembangunan tersebut tidak maksimal, akan membuat hal itu tidak seimbang.

"Masalah desa paling serius itu soal keuangannya, ini harus menjadi perhatian semua pihak terkait. Banyak desa yang tidak transparan dalam pengelolaan keuangannya," ungkap Awe.

Awe juga mengatakan, pihak atau lembaga yang berada diatas Pemerintah Desa juga harus ambil peduli tentang pengoptimalan penyerapan dana desa tersebut.

"Nanti kami juga akan perhatikan kinerja lembaga yang jenjangnya diatas pemerintah desa. Saya konsen dan serius mengenai masalah ini. Kedepan, semua penyerapan anggaran pembangunan harus transparan," ujarnya.

Terkait program pembangunan yang di buat desa, Awe minta, Kades dan BPD tiap desa lebih pintar dalam memprogram rencana pembangunan. Jangan sekedar membangun yang sasarannya tidak mengarah pada peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

"Pembangunan itu harus memberi pengaruh pada peningkatan ekonomi. Bukan asal bangun. Program kerja pembangunan harus bisa menunjang potensi ekonomi di desa," kata dia lagi.

Awe berharap, selama kurun waktu kepemimpinannya, pergerakan investasi di Kabupaten Lingga sudah dapat di tunjang oleh keberhasilan pembangunan infrastruktur dari pemerintah desa.

"Pembangunan yang dilakukan Pemkab dan Desa harus sinergi, sejalan menuju arah yang sama. Saya pastikan tidak ada peride ke 2 bagi Alias Wello. Untuk itu saya butuh keseriusan," tutupnya.

Editor: Dardani