Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Apa Artinya Bau Mulut Anda?
Oleh : Redaksi
Jum'at | 29-07-2016 | 13:13 WIB
bau_mulut.jpg Honda-Batam

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM - Anda sudah menggosok gigi, kumur cairan antiseptik dan membersihkan sela gigi dengan benang khusus? Kalau bau mulut tetap tidak bisa hilang, mungkin masalahnya bukan di mulut. Coba cek beberapa kemungkinan ini.

 

Jika Seperti Bau Kamper
Mungkin Anda menderita alergi, sindrom sinubronchial atau juga infeksi sinusitis. Jika Anda menderita masalah sinusitis yang kronis, bakteri di dalam mulut bisa mengubah protein dalam lendir menjadi senyawa yang disebut "skatole", inilah yang menyebabkan bau. Sebaiknya memeriksakan diri ke dokter, jika perlu minum obat antibiotika.

Kalau Seperti Buah-Buahan
Mungkin Anda menderita diabetes. Gula dalam darah biasanya digunakan sel-sel untuk memproduksi energi. Jika proses itu tidak terjadi, gula darah naik dan sel-sel membakar lemak untuk memproduksi energi. Dari pembakaran dihasilkan keton, yang membuat nafas berbau seperti buah-buahan. Demikian dijelaskan Shilpi Agarwal, M.D.

Jika Seperti Susu Basi
Mungkin Anda menderita intoleransi laktosa. Bau itu bisa jadi indikasi, protein dalam susu tidak terolah baik dalam tubuh Anda, kata Harold Katz D.D.S., dokter gigi dan pakar bakteri. Tentu saja, intoleransi laktosa menyebabkan beberapa hal lain, seperti diare, keram perut dan pembentukan banyak gas dalam perut.

Kalau Seperti Popok Yang Sudah Digunakan
Mungkin Anda menderita radang pada batu amandel atau Detritus. Bakteri dan hal lain bisa tersangkut pada amandel, dan bisa dilihat jelas. "Ini menyebabkan bau busuk seperti popok yang sudah digunakan," kata Agarwal. Ia menambahkan, dokter kemungkinan bisa mengangkat partikel penyebab bau busuk tersebut.

Jika Seperti Bau Benda Busuk
Bisa jadi Anda menderita penyakit paru-paru. Bau busuk, yang jauh lebih buruk daripada sekedar bau mulut biasa, bisa jadi pertanda masalah paru-paru, mulai dari paru-paru basah sampai kanker. Demikian Katz. Jika merasa Anda gangguan pada paru-paru, sebaiknya pergi ke ke dokter untuk pemeriksaan menyeluruh.

Kalau Seperti "Nafas Orang Mati"
Istilah ilmiahnya "fetor hepaticus". Pasien dengan bau nafas seperti ini kemungkinan menderita sakit liver. Bau ini biasanya muncul sebelum indikasi-indikasi lain yang lebih jelas menunjukkan sakit liver bisa ditemukan. Pada sejumlah pasien, bau ini baru muncul jika sakit sudah agak parah.

Jika Timbul Bau Mulut Kering Yang Tajam
Bau tidak enak dari mulut juga bisa jadi indikasi gangguan ginjal. Peneliti berspekulasi, ini berasal dari perubahan metabolisme yang menyebabkan mulut tidak bisa memproduksi cukup banyak air liur, sehingga mulut terlalu kering. Di samping bau tidak enak, ini juga menyebabkan pasien merasakan perubahan rasa makanan dan minuman yang disantap.

Sumber: Deutsche Welle
Editor: Dodo