Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Juli-Agustus, 112 Tindak Kriminal

Kasus Kriminal di Tanjungpinang Meningkat
Oleh : Charles/Dodo
Jum'at | 09-09-2011 | 20:15 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Kinerja aparat Polresta Tanjungpinang dalam menjaga keamanan dan kenyamanan sekaligus pengayom masyarakat dituntut untuk lebih serius seiring dengan tingginya angka kriminalitas yang terjadi di Kota Tanjungpinang selama bulan Juli dan Agustus 2011.

Berdasarkan data rekapitulasi kejadian yang terjadi di kota tersebut yang dikeluarkan Bagian Operasi Polresta Tanjungpinang dalam dua bulan,terdapat 112 Jumlah Tindak Pidana (JTP) dan dari jumlah tersebut, angka  kriminalitas tertinggi didominasi oleh pencurian dengan pemberatan, penipuan dan pencabulan.

Sementara yang dapat diselesaikan melalui Jumlah Penyelesiaan Pidana (JPP) Polres Tanjungpinang melalui penyidikan, SP3, pencabutan laporan dan perdamaian sebanyak 59 tindak pidana.

Dibandingkan tindak pidana dan kejadiaan periode Juli-Agustus 2010 lalu, angka kriminal tahun ini mengalami peningkatan dari tahun yang sama sebelumnya. Pada 2010 kejadian dan tidak pidana yang terjadi di Kota Tanjungpinang hanya berjumlah 92 kasus dan sebanyak 41 kasus dari jumlah tindak pidana dan kejadian tersebut dapat diselesaikan.

"Berdasarkan data Bagiaan Opersional Polres, total jumlah tindak pidana pencurian, pada bulan Juli ada sebanyak 25 kasus, sedangkan Agustus 2011 turun menjadi 18, kasus, dengan pembagian, ada tindak pidana pencurian biasa, pencurian pemberatan, pencurian kekerasan, dan pencurian kendaraan bermotor," kata AKP Wawan Saifulloh, Kabag Humas Polresta Tanjungpinang pada wartawan.

Pencurian dengan pemberatan ini, tambah Wawan, dilakukan dengan pembobolan rumah dan mencuri dengan cara mencongkel pintu atau jendela rumah milik korban dengan menggunakan alat seperti obeng, pisau, linggis, dan lainnya.

Sedangkan untuk angka tindak kejahatan pencurian biasa, dalam dua bulan berjumlah 14 laporan, daimana bulan Juli ada 9 laporan yang masuk, dan bulan Agustus 5 laporan. Sedangkan pencurian dengan kekerasan dengan jumlah 8, berupa penjambretan untuk bulan Juli ada 4 kasus dan Agustus 4 kasus yang kesemuanya masih dalam penyelidikan, dan satu diantaranya sudah berhasil diungkap beberapa waktu lalu.