Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hujan Guyur Karimun Sejak Pagi
Oleh : Nursali
Selasa | 26-07-2016 | 14:18 WIB
bmkg-karimun.jpg Honda-Batam

Bagian Observer BMKG Kabupaten Karimun, Pande Nyoman Pawata menunjukkan monitor pemantau cuaca. (Foto: nursali)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Intensitas curah hujan yang cukup tinggi terjadi di Kabupaten Karimun pada pagi hari. Dalam sistem Badan Metreologi Klimatologi dan Geofisika setempat mencatat, curah hujan yang terjadi pada pukul 06.30 WIB hingga 11.25 WIB sepanjang 30,5 mm.

Hal ini disebabkan oleh meningkatnya suhu udara 24,5 derajat Celcius di kawasan Kepri sehingga produksi awan colombus (awan yang menyebabkan hujan) lebih tinggi.

"Dan curah hujan ini sudah mulai sejak bulan Mei," kata Bagian Observer BMKG Kabupaten Karimun, Pande Nyoman Pawata kepada BATAMTODAY.COM, di ruang kerjanya, Selasa (26/7/2016)

Selain meningkatnya suhu udara di Karimun, hembusan angin juga turut berkontribusi dalam meningkatnya curah hujan yang berhembus dari arah Barat Laut dengan kecepatan 16 knot.

"Tentu gelombang laut juga mempengaruhi. Tinggi gelombang laut sekarang 0,2 sampai 1 meter, itu masih normal," kata Pande lagi.

Sepanjang data yang diperolehnya, didominasi curah hujan yang terjadi selalu pada pagi hari. Meskipun hujan yang terjadi pada siang dan sore hari kerap terjadi, namun dalam intensitas yang ringan.

"Sedangkan kelembaban udara saat ini 17 persen," pungkasnya.

Editor: Dodo