Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPRD Lingga Gesa Pembahasan RPJMD dan APBD-P 2016
Oleh : Nur Jali
Selasa | 26-07-2016 | 11:14 WIB
Riono.jpg Honda-Batam

Riono, Ketua DPRD Lingga (Foto: Nur Jali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lingga akan menggesa pembahasan APBD Perubahan 2016 sesuai jadwal yang telah ditetapkan dalam aturan yang berlaku, minimal pada bulan Agustus tahun ini.

"Kemarin, habis Musrenbang, kita sudah terima draft mentah untuk RPJMD, setelah itu baru kita pembahasan," kata Riono, Ketua DPRD Lingga, kepada BATAMTODAY.COM, baru-baru ini.

Saat ini, katanya, Pansus Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DPRD Lingga sedang bekerja untuk menyelesaikan RPJMD ini tepat waktu. "Ini sangat penting untuk dibahas, karena ini prasayarat untuk membahas APBD tahun 2017," jelasnya.

DPRD Kabupaten Lingga sendiri saat ini mengupayakan agar pada bulan Agustus ini, pembahasan RPJMD dan APBD Perubahan sudah selesai dilaksanakan. "Target kita bulan Agustus ini selesai," katanya lagi.

Berbeda dengan Legislatif, saat ini pihak Ekesekutif Kabupaten Lingga berupaya menggesa beberapa anggaran untuk terlepas dari defisit annggaran yang terjadi di Kabupaten Lingga. Bahkan pada hari Senin kemarin, Bupati Lingga Alias Wello langsung menemui Ketua DPRD Provinsi Kepri dan Tim Banggar Pemrov Kepri untuk menagih Dana Tunda Salur yang belum dibayar oleh Pemrov Kepri.

“Jujur saja, banyak program yang tidak terlaksana akibat krisis ini. Setelah kami putar-putar mencari pendapatan bagi daerah, ternyata ada dana tunda salur yang masih di Pemprov," Kata Bupati Lingga Alias Wello saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Hingga hari ini, TAPD Kabupaten Lingga bersama Banggar DPRD Lingga masih melakukan berbagai cara untuk menutupi sejumlah anggaran agar terhindar dari defisit Anggaran. Proses jemput bola ini dilakukan oleh Pemkab Lingga, agar Kabupaten Lingga terhindar dari defisit berkepanjangan.

Editor: Udin