Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Masyarakat Bintan Antusias Sambut Piala Adipura Buana 2016
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 25-07-2016 | 10:26 WIB
Adipura-Bintan-ok.jpg Honda-Batam

Bupati Bintan Apri Sujadi dan Ketua DPRD Bintan Lamen Sarihi saat menerima piala Adipura Buana tahun 2016 (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Piala Adipura Buana Tahun 2016 mempunyai makna tersendiri bagi masyarakat Bintan, yang pada tahun ini mampu mempertahankan piala tersebut untuk kali kedua.

Bupati Bintan Apri Sujadi, S Sos menerima langsung Piala Adipura yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla yang didampingi Menteri Lingkungan Hidup RI Siti Nurbaya Bakar pada peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia 2016 di Istana Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Jumat (22/7/2016).

Dalam acara penyambutan dan pawai Piala Adipura Buana Tahun 2016 tersebut di Kijang, Kabupaten Bintan, Sabtu (23/7/2016), masyarakat sangat antusias dan bangga karena Kabupaten Bintan mampu mempertahankannya.

Dalam sambutanya, Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan, bahwa piala tersebut merupakan hasil dari kerja sama dan kerja nyata Pemerintah Kabupaten Bintan beserta masyarakat dalam membudayakan pola hidup bersih.

“Piala ini hasil dari kerja sama kita semua, tentu kita harus bangga. Namun tidak cukup hanya merasa bangga saja, kita harus senantiasa menanamkan mindset menjaga kebersihan untuk seluruh masyarakat Bintan,” ujar Apri Sujadi.

Selanjutnya, Apri Sujadi mengatakan, kurang lebih 540-an kabupaten/kota se-Indonesia, alhamdulillah Kabupaten Bintan mampu mempertahankan Piala Adipura yang kedua kalinya.

"Tentu, mempertahankan itu (Piala Adipura Buana) jauh lebih sulit dari mendapatkannya. Untuk itu kami mengajak seluruh masyarakat Bintan untuk menjadikan bersih salah satu budaya, karena itu tujuan kita,” ujar Apri Sujadi.

Mengingat Kabupaten Bintan merupakan salah satu Icon Indonesia di bidang Pariwisata, Apri menambahkan, tentunya kebersihan akan menjadi dampak kunjungan wisatawan mancanegara ataupun dalam negeri untuk berjunjung ke dareah ini.

"Tidak mungkin kita sajikan tempat yang kotor, tentu tidak. Namun, alhamdulillah jumlah kunjungan terus bertambah dan itu salah satu yang menjadi sumber PAD (Pendapatan Asli Daerah) dan tentunya ini patut dibanggakan,” ujar Apri Sujadi.

Bupati Apri juga menegaskan, bahwa piala ini didapat atas kerja sama dan kerja nyata bersama, tentu piala ini menjadi milik seluruh masyarakat Bintan.

"Khusus kepada Wakil Bupati Bintan, Kepala Dinas Kebersihan, Camat Bintan Timur, RT, RW dan seluruh instansi terkait serta masyarakat yang mana sangat besar dalam rangka memberikan mindset untuk berbudaya bersih lingkungan. Mari terus dipertahankan dan ditingkatkan hasil pencapaian ini. Kepada para pelajar yang kelak akan menjadi ujung tombak kita di masa yang akan datang, mari budayakan kebersihan,” ujarnya.

Adapun harapan Apri Sujadi, tentunya bisa mempertahankan apa yang sudah diraih ini (Piala Adipura Buana), kalau bisa sampai 5 kali dan seterusnya.

"Kalau 5 kali kita pertahankan piala ini, artinya kita memperoleh Piala Paripurna (Milik masyarakat Kabupaten Bintan). Untuk di Indonsesia, hanya Surabaya yang memperoleh piala tersebut.

Dalam acara penyambutan Piala Adipura kali ini, turut hadir Ketua beserta Anggota DPRD Bintan, Kapolres Bintan beserta jajarannya, para Pimpinan FKPD Bintan, Ketua LAM (Lembaga Adat Melayu) Bintan, Ketua PKK Bintan, para Kepala SKPD Bintan, Satgas Kebersihan DKPP Bintan, RT, RW dan seluruh masyarakt Bintan.

Editor: Udin