Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPPAD Lingga Minta Peran Serta Pemerintah Daerah Wujudkan Lingkungan yang Baik Bagi Anak-anak
Oleh : Nur Jali
Selasa | 19-07-2016 | 15:34 WIB
komisioner-kppad-lingga.jpg Honda-Batam

Komisioner KPPAD Lingga, Zulyadin dan Hadi Sumantri.

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Kabupaten Lingga mengharapkan peran pemerintah daerah dalam memberikan lingkungan yang baik bagi anak-anak di usia dini. Khususnya para kepala wilayah dalam hal ini camat hingga kepala desa dan lurah.

"Selain peran orangtua di rumah, guru di sekolah, peran pemerintah juga penting khususnya kepala wilayah dalam memberikan lingkungan yang baik kepada anak-anak," kata Zulyadin, Ketua KPPAD Kabupaten Lingga, ditemui saat menggelar roadshow ke sekolah-sekolah dalam rangka MPLS, Selasa (19/7/2016).

Salah satu hal yang menjadi sorotan, saat ini di wilayah kecamatan khususnya perkotaan, banyak ditemui lokasi-lokasi tempat hiburan yang sangat memberikan dampak negatif bagi anak. Salah satunya adalah beberapa usaha tempat hiburan malam, permainan game online dan playstation serta tempat usaha internet yang tidak memiliki standar kontrol.

"Kita pernah survei di beberapa wilayah di Lingga, kita temukan ada warnet yang bisa mengakses situs porno," jelasnya.

Yang lebih memperihatinkan lagi menurutnya banyak tempat-tempat usaha game online dan playstation yang memberikan kesempatan kepada anak-anak tanpa mempedulikan waktu. "Bukanya hampir 24 jam, tanpa mempedulikan jam belajar," kata Zulyadin.

Ditambahkan Hadi Sumantri selaku Sekretaris KPPAD Kabupaten Lingga, meminta pihak pemerintah untuk segera membuat regulasi terkait hal ini. Contohnya seperti perda atau perbup dan edaran lainnya, untuk menekan jumlah kenakalan remaja ini.

"Kalau ada regulasinya, perbup atau perda atau aturan lainnya, kita punya pegangan untuk melakukan tindakan di lapangan dibantu lembaga lainnya seperti Satpol PP," jelasnya.

Editor: Dodo