Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Singapura Didaulat Jadi Negeri Paling Kompetitif
Oleh : Magid
Kamis | 08-09-2011 | 11:09 WIB

SINGAPURA, batamtoday - Hasil survey yang dilakukan World Economic Forum (WEF) menempatkan Singapura sebagai negara paling kompetitif kedua di Dunia sekaligus negara paling kompetitif di Asia. Demikian laporan terbaru WEF yang tertuang dalam The Global Competitiveness report 2011-2012, dimana lembaga ini telah mensurvey lebih dari 142 negara.

Khusus untuk di Asia, prestasi Singapura dalam survey ini mengalahkan sejumlah negara yang memiliki ekonomi kuat lainya, seperti Jepang dan China. WEF menempatkan Jepang di peringkat 9 dan China di peringkat ke 26 dalam jajaran negeri paling kompetitif.

"Indikator yang menjadi penilaian adalah efisiensi pemerintah dan lingkungan serta kenyamanan bisnis. Penentuan peringkat kemudian dihitung dari data publik dan Survei Opini dimana WEF melibatkan lebih dari 15.000 responden di 142 negara," tulis WEF dalam laman resminya, Kamis (8/9/2011).

Hasil survey ini menjadi headline pemberitaan di sejumlah media Singapura. Today Online salah satunya. Media online berinduk di MediaCorp ini menjadikan hasil survey WEF sebagai headline hari ini. Sebuah prestasi yang membanggakan memang, ketika sejumlah negara mengalami stagnasi pertumbuhan ekonomi, bahkan sekaliber Amerika Serikat bahkan mengalami penurunan dalam laporan semester pertama 2011 ini.

"Negara (Singapura.red) mengalami peningkatan dalam peringkat global dibanding tahun lalu, sekaligus mempertahankan posisi teratas di jajaran negara-negara Asia," tulis Todayonline, Kamis (6/9/2011).