Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Para ABK Tugboat Cakra Lima Trauma
Oleh : Nursali
Sabtu | 16-07-2016 | 08:24 WIB
abkselamat.jpg Honda-Batam

Diantara ABK Tugboat Cakra Lima yang selamat dan masih trauma. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Seluruh Anak Buah Kapal (ABK) Tugboat Cakra Lima masih trauma, akibat tenggelamnya kapal yang mereka tumpangi di perairan Karimun, tepatnya di perairan Pulau Karimun Anak atau pada koordinat 01.09.551N-103.25.600 E pada Jumat (15/7/2016).

 

Tugboat yang menggandeng tongkang kosong tersebut bertolak dari PT. Fajar Marindo Raya Tanjunguncang Batam menuju Malaysia tarik TK Best Link 1818, tenggelam karena gelombang laut pada saat itu mencapai 4-5 Meter, beruntung 5 anak buah kapal (ABK) dan 1 nahkoda selamat dengan cara naik ke atas life craft saat kapal mereka mulai tenggelam.

"Waktu mulai tenggelam itu, kami sudah berada di atas life craft dan mulai mendayung ke tongkang yang kami bawa," ujar nahkoda Tugboat Cakra Lima, Junaedi menanggapi pewarta saat dievakuasi di pelabuhan domestik Tanjungbalai Karimun.

Selang beberapa waktu jenis kapal yang sama melintas tak jauh dari tenggelamnya kapal mereka dan mengevakuasi seluruh kru kapal naas tersebut ke kapal TB Maju Jaya. "Nggak lama tim SAR pun datang," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Koordinator Bansarnas Tanjungbalai Karimun, M Sholeh mengatakan, kondisi seluruh krue kapal saat ini daam keadaan trauma, sehingga tidak bisa berkomentar terlalu banyak.

"Menurut keterangan dari meraka, kapalnya tenggelam akibat cuaca buruk," tandasnya.

Editor: Dardani