Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Susul Jerman, Italia & Spanyol

Belanda Dipastikan Lolos ke Euro 2012
Oleh : sn
Kamis | 08-09-2011 | 07:17 WIB
belanda.jpg Honda-Batam

Timnas Belanda.

NYON, batamtoday - Belanda dipastikan lolos ke Euro 2012 menyusul Jerman, Italia dan Spanyol. UEFA menyatakan, Belanda sah menjadi peserta Euro 2012.

Pada pertandingan Rabu (7/9/2011) dinihari WIB, Belanda mengalahkan Finlandia 2-0. Hasil ini membuat Belanda mencatat hasil selalu menang dalam pertandingan di Grup E.

Di Grup E, Belanda unggul dua angka atas Swedia. UEFA pun menghitung, walau Belanda belum pasti tampil sebagai juara grup, namun setidaknya Oranje bisa lolos dengan status runner-up grup terbaik.

"UEFA memastikan Belanda pasti main di putaran final Euro 2012. Dengan nilai 24 dari delapan laga, artinya mereka bisa lolos sebagai juara grup atau runner-up terbaik kualifikasi," demikian pernyataan UEFA yang dilansir Reuters.

Dari sembilan juara grup di kualifikasi dipastikan lolos langsung dan satu runner-up terbaik juga berhak lolos otomatis. Sementara delapan runner-up lainnya akan memperebutkan empat tiket tersisa.

Jadi, sudah ada empat tim yang lolos dari kualifikasi, yakni Jerman, Italia, Spanyol dan Belanda. Sementara, dua negara tuan rumah, yakni Polandia dan Ukraina, lolos tanpa mengikuti kualifikasi.