Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Tekad Neko Nahkodai Para Politisi Muda di Komisi I DPRD Lingga
Oleh : Nur Jali
Rabu | 13-07-2016 | 11:14 WIB
kkomisi-I-lingga.jpg Honda-Batam

Angota Komisi I DPRD Lingga (Foto: Nur Jali)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Setelah beberapa bulan pimpinan Komisi I DPRD Lingga kosong, Selasa (12/7/16) pagi akhirnya rapat Banmus DPRD Lingga menentukan alat kelengkapan Dewan, dengan memilih Neko Wesha Pawelloy anggota DPRD Lingga termuda dan Politisi Muda dari Partai Nasdem ini menjadi Ketua Komisi I DPRD Lingga.

Di antara beberapa Komisi di DPRD Lingga lainnya, Komisi I yang membidangi Hukum dan Pemerintahan terbilang sangat unik dan baru, karena diisi oleh Politisi-politisi muda dan baru terpilih pada Pileg yang lalu. Termasuk Nahkoda dari Komisi I DPRD Lingga yang merupakan anggota DPRD Lingga termuda di Lembaga Legislatif ini.

"Pemilihan ini dilakukan secara musyawarah," kata Neko Wesha Pawelloy, Ketua Komisi I yang baru terpilih dari Fraksi Nasdem.

Pemilihan dirinya sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan, tidak ada intervensi dari pihak manapun. " Saya ditunjuk teman-teman untuk menjadi Ketua Komisi, hal ini menjadi tanggung jawab berat yang harus saya jalankan dengan sungguh-sungguh," jelasnya.

Ketika ditanya program yang akan dijalankannya setelah ditunjuk menjadi Ketua Komisi I DPRD Lingga, Neko sapaan akrabnya menyatakan akan melakukan tugas dan fungsi dari DPRD Lingga dan sesuai dengan Komisinya yang membidangi hukum dan pemerintahan.

"Fungsi dari DPRD akan kami maksimalkan, khususnya di bidang kami dan mitra kami untuk mendukung program pemerintah, agar benar-benar bermanfaat dan menyentuh masyarakat sesuai yang diamanatkan oleh para pemilih kami," jelasnya.

Neko juga sempat menyinggung akan memperkuat pengawasan di pemerintahan Desa, hal ini mengingat Desa sebagai pemerintahan otonomi terkecil di daerah yang memiliki pengaruh sangat besar bagi pembangunan Kabupaten Lingga.

"Nanti kita akan fokus juga pada pengawasan di Desa, tapi sebelumnya kita akan tuntaskan berbagai permasalahan yang masih belum selesai, khususnya beberapa tugas Pansus yang sudah dibentuk dan saat ini dan sedang bekerja," ungkapnya.

Adapun anggota Komisi I DPRD Lingga yang hampir 90 persen diisi politisi muda tersebut antara lain, Ketua Komisi I DPRD Lingga Neko Wesha Pawelloy yang baru berusia 30 tahun dari Fraksi Nasdem. Wakil Ketua Komisi I Seniy dari Fraksi Golkar yang baru saja terpilih dan masih berusia di bawah 40 tahun.

Sekretaris Komisi I, Alexander Welding dari Fraksi Hanura yang juga masih baru di DPRD, Anggota Komisi I Ahmad Nasirudin dari Fraksi Nasdem yang baru saja duduk di DPRD Lingga dan berusia di bawah 40 tahun yang sebelumnya duduk di Komisi II. Hanya satu anggota Komisi I yang terbilang sangat senior yaitu Zakaria yang sudah menjabat tiga periode di DPRD Lingga dari Fraksi PKS.   

Editor: Udin