Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Brankas Kantor Dinas Pariwisata Kepri Dibobol Maling, Duit Rp50 Juta Lesap
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 11-07-2016 | 17:58 WIB
brankas-dispar-kepri.jpg Honda-Batam

Brankas bagian keuangan Dinas Pariisata Provinsi Kepri yang dibobol maling. (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Brankas milik Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau dibobol maling. Dalam aksi pembobolan yang baru diketahui Senin (11/7/2016) ini, uang Rp50 juta di dalamnya lenyap.

 

Peristiwa ini pertama kali diketahui staf Dinas Pariwisata Kepri, yang melihat brankas di bagian keuangan kantor tersebut tergeletak di lantai, dan sejumlah serbuk berserakan.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Guntur Sakti mengatakan setelah dilakukan pengecekan, dirinya melaporkan kejadian itu kepada Kepala Satpol-PP Kepri, Mafrizon, sebagai satuan pengamanan lingkungan kantor Pemerintah Provinsi Kepri, dan akhirnya dilaporkan ke Polres Tanjungpinang.

Dari olah tempat kejadian perkara yang dilakukan Satreksrim Polres Tanjungpinang, tambahnya, ternyata sebelum maling yang diduga lebih dari satu orang itu masuk ker ruangan Dinas Pariwisata, telah terlebih dahulu masuk ke ruangan Biro Kesra Pemerintah Provinsi Kepri.

"Tapi di ruangan Biro Kesra tidak ditemukan, adanya uang, dan dari sana selanjutnya pelaku memanjat ventilasi plafon ke ruangan pariwista," ujar Guntur.

Dari ruang ventilasi itu, pelaku masuk ke ruangan kabag keuangan pariwisata, dan membongkar brankas, dengan cara memotong menggunakan gerinda besi di lantai kantor.

"Kalau dari banyaknya serbuk pelaku lebih dari satu orang, dan Rp50 juta sisa dana Kegiatan yang sebelum libur tidak sempat disetor ke bank dan disimpan di brankas dicuri oleh maling," papar Guntur.

Humas Polres Tanjungpunang, Iptu Dulatif mengatakan saat ini tim Identifikasi Satreskrim Polres Tanjungpinang, tengah melakukan olah TKP.

Editor: Dodo