Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cuaca Buruk, Lion Air Tujuan Jakarta-Tanjungpinang Mendarat di Hang Nadim
Oleh : Hadli
Senin | 11-07-2016 | 11:34 WIB
suwarso-baru....jpg Honda-Batam

Swarso, Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Diduga akibat cuaca buruk, pesawat Lion Air tujuan Jakarta-Tanjungpinang terpaksa mendarat darurat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Senin (11/7/2016).

"Saat ini seluruh penumpang masih di ruang tunggu," kata Swarso, Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, melalui sambungan telepon, Senin (11/7/2016).

Pesawat Lion Air tipe Boing 737/800 JT 0620 yang membawa 147 penumpang terpaksa mendarat di Hang Nadim pukul 10.00 WIB, karena tidak memungkinkan untuk mendarat di Bandara Raja Haji Fisabililla Tanjungpinang.

Pesawat tersebut, kata Suwarso, berangkat dari Jakarta pada pukul 8.30 WIB, dan seharusnya tiba di Bandara Raja Haji Fisabililla Tanjungpinang pukul 10.15 WIB. "Pesawat kembali terbang, menunggu cuaca membaik," ujar Suwarso kembali.

BMKG Hang Nadim Batam pada situs resminya memperkirakan cuaca yang terjadi pada Senin (11/7/2016), terdapat daerah pusat tekanan rendah (low pressure area) di sekitar Laut Cina Selatan mengakibatkan terbentuknya daerah belokan angin (Shearline) di sekitar wilayah Kepuluan Riau yang berpotensi memupuk banyak massa udara.

Hal ini mendukung dalam proses pertumbuhan banyak awan. Nilai kelembapan udara atas yang cukup tinggi juga semakin menambah peluang pertumbuhan banyak awan.

Kondisi ini masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat dan udara, sementara transportasi laut dihimbau agar lebih berhati-hati terhadap arus laut yang kuat terutama di wilayah perairan Bintan, Lingga dan Natuna.

Editor: Dardani