Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lagu Right Now Dituding Picu Kenakalan Remaja
Oleh : sn
Rabu | 07-09-2011 | 12:28 WIB

SEOUL, batamtoday - Lagu Right Now milik penyanyi R&B Psy dilarang diperdengarkan kepada masyarakat umum oleh Departemen Kesetaran Gender dan Keluarga Korea. Sebab, liriknya dianggap tidak pantas didengar dan dapat memicu kenakalan remaja.

Penyanyi yang memiliki nama asli Park Jae Sang keberatan. Dia keberatan bahwa lagunya hanya boleh didengar dan ditonton oleh remaja di atas 19 tahun. Psy beralasan lirik lagu tersebut menceritakan fakta yang sebenarnya terjadi sekarang.
 
"Saya terkejut dengan pemberitahuan ini, Depertemen Kesetaraan Gender dan Keluarga menetapkan laguku Right Now sebagai R19. Mereka berkata ini dikarenakan liriknya, ‘Hidup seperti alkohol beracun'," tulis Psy di Me2day, seperti dikutip Allkpop, Rabu (7/9/2011). "Karena inilah, mengapa hidup seperti alkohol beracun," tambah Psy.
 
Sebelumnya, pemerintah Korea melarang lagu milik penyanyi lain seperti On Rainy Days milik BEAST, I Can’t Drink yang dinyanyikan Baek Ji Young, Hands Up milik 2PM, It’s A Drink karya Jang Hye Jin, dan Alcohol Truth punya Kim Jo Han. Pemerintah menganggap semua lagu tersebut tidak sesuai untuk anak di bawah umur karena lirik yang tidak pantas, yang mungkin akan mendorong kenakalan remaja.