Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ribuan Penumpang Arus Balik Padati Pelabuhan Sri Bintan Pura
Oleh : Charles Sitompul
Minggu | 10-07-2016 | 16:20 WIB
IMG_20160710_130334_edit.jpg Honda-Batam
(Foto: BATAMTODAY.COM/Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang- Hari terakhir libur lebaran, ribuan penumpang kapal Ferry antar pulau dari Batam, Lingga, Karimun, Tanjung Batu, dan pulau lainya tiba di Pelabuhan Domestik Sri Bintan Pura, Tanjungpinang, Minggu,(10/7/2016). 

Ribuan penumpang Ferry ini, ini merupakan arus balik Lebaran, setelah sebelumnya berangkat dari Tanjungpinang dan Batam, serta sejumlah daerah lainnya.

Kepala Pos Pelabuhan Domestik Antar Pulau Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Sutoyo mengatakan, dalam dua hari terakhir puncak arus balik ke Tanjungpinang mencapai 2 ribu penumpang.

"Dalam dua hari ini, 1.500-2.000 penumpang dari sejumlah pulau, turun dan tiba di Pelabuhan Domestik Sri Bintan Pura Tanjungpunang," ujarnya. 

Sutoyo mengatakan, penumpang lebih didominasi penumpang yang datang daripada yang berangkat dari Pelabuhan Sri Bintan Pura.

Dari pagi, tmbah Sutoyo, sejumlah Ferry dari Karimun, Lingga dan Tanjungbatu, serta pulau Senayang dan Pancur telah menurunkan ratusan penumpang dari pulau.

Secara Umum, menurutnya , arus balik sudah mulai ramai sejak Jumat (8/7/2016) lalu, dengan jumlah penumpang yang datang dan berangkat dari Pelabuhan Domestik Sri Bintan Pura mencapai 1.302 oang dengan 6 kapal.

Kemudian pada Sabtu,(9/7/2016), yang tiba sebanyak 951 Orang, dan berangkat 851 Orang, total keseluruhan yang datang dan berangkat 1.802 Orang.

‎Sedangkan jumlah penumpang berangkat dan tiba dari Batam menggunakan, Ferry MV.Occeana dan MV.Marina, Sabtu,(9/7/2016) mencapai 6.576 orang yang diangkut 28 kali trip oleh 13 Kapal. 

Jumlah itu, meningkat dari Jumat (8/7/2016), yang hanya berjumlah 7.260 ‎orang yang diangkut 30 Kapal Occeana dan MV Marina. 

"Tingginya angka arus balik Mudik Lebaran dari pulau ke Tanjungpinang dan Bintan ini tidak terlepas dari berakhirnya cuti lebaran, dan pada Senin (11/7/2016) sejumlah PNS dan kantor lainya akan mulai masuk," sebutnya. 

Dari pelaksanaan pelayanan, KSOP menyatakan, seluruh penumpang masih terlayani, kendati ada sebagian penumpang Kapal Ferry tujuan Pancur, Senayang, Kabupaten Daik Lingga banyak yang tidak terangkut karena kapal tujuan pulau itu sudah penuh. 

"Untuk pulau lainya masih terlayani, dan kita Tetap memberikan kesadaran pada masyarakat, agar dapat menunggu kapal Ferry berikutnya. Dalam mengantisipasi lonjakan penumpang KSOP dan operator kapal juga melakukan penambahan Ferry khusus ke sejumlah pulau di Kepri," katanya.

Editor: Surya