Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Khazanah Budaya Melayu, Meriahnya Festival Lampu Cangkok
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 04-07-2016 | 11:38 WIB
penilai-lampu-colok.jpg Honda-Batam

Bupati Bintan dan wakil bersama Tim Penilai Festival Lampu Cangkok (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Semarak Budaya Melayu menghidupkan Lampu Cangkok/Pelita di malam Ramadan yang mulai pudar, kini muncul kembali. Melalui Festival Lampu Cangkok, Bupati Bintan, Apri Sujadi dan Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam, bersama Tim Penilai Festival Lampu Cangkok terjun langsung ke titik lokasi penilaian (30/6/2016).

Bupati Bintan, Apri Sujadi dan Wakilnya, Dalmasri Syam, turut serta melihat pemandangan sepanjang jalan antar kecamatan akan suatu dimensi berbeda terhadap gairah dan animo semangat masyarakat Kabupaten Bintan yang patut diapresiasi.

Menurutnya, dengan melihat animo dan semangat masyarakat dalam menyambut dan merayakan Festival Lampu Cangkok, tentunya ke depan Pemerintah Kabupaten Bintan akan mengemas lebih menarik lagi dengan memasukkan ke Kalender Pariwisata untuk menghidupkan nilai-nilai budaya khazanah melayu.

”Pemerintah Kabupaten Bintan sangat mengapresiasi atas semangat dan animo masyarakat dalam perayaan Festival Lampu Cangkok pada tahun ini. Untuk itu, ke depannya event ini akan dikemas semenarik mungkin agar budaya luhur melayu yang menjadi ciri khas masyarakat Kabupaten Bintan kembali exist,” ujarnya .

Ketua Panitia Festival Lampu Cangkok yang juga Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, Luki Zaiman Prawira, mengatakan Tim Penilai terjun ke lokasi titik penilaian selama 2 hari, yaitu 27 dan 28 Ramadan 1437 H. Beberapa estetika penilaian juga dilihat dengan seksama, Tim Penilai akan berdiskusi dan Pemenang akan diumumkan pada saat Malam Pawai Takbir di Relief Antam Kijang, Kecamatan Bintan Timur.

”Tim Penilai akan menilai setiap titik-titik antar Kecamatan yang dilombakan. Hasil penilaian murni dan tidak bisa diganggu gugat, pemenang akan diumumkan pada saat Malam Pawai Takbiran di Kijang,” ujarnya dengan penuh semangat.

Tampak beberapa Tim Penilai yang turun ke Lokasi Festival yaitu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan Erizal Abdullah, Kepala Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bintan Karya Hermawan, Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bintan Dahlia Zulfah, Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Bintan Eky Supartiningsih, Sekretaris Dinas Kantor Pariwisata Kabupaten Bintan Nurizal serta Kepala Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Bintan Roni Kartika.

‎Editor: Udin