Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penumpang Padat, ASDP Siapkan 2 Kapal Roro ke Lingga
Oleh : Nur Jali
Jum'at | 01-07-2016 | 13:40 WIB
roro-padat.jpg Honda-Batam

Kepadatan penumpang kapal roro di Pelabuhan ASDP Telaga Punggur Batam. (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Otoritas ASDP mengambil inisiatif menambah satu unit lagi kapal Roro untuk mengangkut semua penumpang dari Batam - Dabosingkep. Penumpukan penumpang yang terjadi di Pelabuhan Roro Telaga Punggur, pada Kamis (30/6/2016).

Kepala Bidang Perhubungan Darat Dishubkominfo Lingga, Rahadi membenarkan bahwa pada Rabu malam penumpang tujuan Dabosingkep dari Pelabuhan Telaga Punggur Batam melebihi kapasitas. Karena desakan penumpang yang ngotot ingin berangkat, pihak ASDP akhirnya mengambil inisiatif dengan menambah satu dermaga roro lagi.

"Iya memang Rabu malam kemarin ASDP terpaksa memberangkatkan dua kapal, karena penumpang padat dan sangat berdesakan, hingga dua kali lipat," kata Rahadi, Jumat (1/7/2016).

Angkutan kapal roro ini sebanyak dua unit tersebut bisa saja terus berlanjut selama menjelang H-1 Idul Fitri, jika penumpang tetap berdesakan ingin menggunakan kapal roro. Tapi jika tidak ada peningkatan dan penumpang normal maka kapal yang berangkat akan tetap satu unit saja.

"Bisa saja tetap dua unit diberangkatkan ASDP, kalau penumpang tetap ramai, tapi kalau normal kita akn gunakan satu saja," jelasnya.

Sementara itu dari H-5 Idul Fitri penumpang baik yang menggunakan angkutan laut roro maupun angkutan darat, di Kabupaten Lingga khususnya Dabosingkep terus meningkat. Bahkan peningkatan ini sudah hampir tiga kali lipat dari tahun kemarin yang mudik Ke Kabupaten Lingga, khususnya pengguna kapal roro dan kendaraan lainnya.

"Hingga hari ini peningkatannya sudah sangat signifikan, hampir tiga kali lipat dari tahun kemarin, dan hal ini akan menjadi atensi kita untuk melakukan peningkatan pengamanan," jelasnya.

Editor: Dodo