Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Malaysia Pegang Rekor Baru Manusia Terpendek di Dunia
Oleh : Magid
Selasa | 06-09-2011 | 12:35 WIB
Rekor_baru_manusia_terpendek_di_DUnia.jpg Honda-Batam

Kama Mirezzanial Kama Rezmee atau akrab dipanggil Zanial, pemegang rekor baru manusia terpendek di Dunia. Foto: Bharian

KUALA TERENGGANU, batamtoday - Pertumbuhanya mulai terhambat sejak berusia lima tahun, Kama Mirezzanial Kama Rezmee, yang terlahir di Kuala Terengganu kini tercatat sebagai pemegang rekor baru manusia terpendek di Dunia. Dengan tinggi badan 57 Cm, putra pasangan Kama Rezmee Kamaruddin (36) dan Masitah Md Yusof (34) itu mengalahkan rekor yang dipegang Junrey Balawing dari Filiphina yang memiliki tinggi badan 60 Cm.

Seperti diberitakan media setempat, Kama Mirezzanial Kama Rezmee atau yang akrab disapa Zanial kini berusia 7 tahun. Ia divonis dokter tidak akan mengalami pertumbuhan lagi lantaran mengidap penyakit Sindrom Sackle.

"Zanial dilahirkan di Rumah Sakit Putrajaya melalui operasi saat kandungan istri saya masih berusia delapan bulan," kata Kama Rezmee Kamaruddin, seperti dikutip batamtoday dari Bharian Malaysia, Selasa, 06 September 2011.

Ayah Zanial, Kama Rezmee Kamaruddin, sejatinya adalah putra dari Kamaruddin Maidin, atlet lompat jauh yang sempat mengharumkan nama Malaysia pada Olimpiade 1960 di Roma, Italia. 

Mengenai kondisi anaknya, Kama Rezmee Kamaruddin sempat menceritakan bagaimana proses kelahiran Zanial sang pemegang rekor manusia terpendek di Dunia.

Ketika dilahirkan Zanial hanya sebesar telapak tangan orang dewasa. Sangat kecil untuk ukuran bayi normal. Dia terlahir dengan berat hanya 550 gram.

"Sangat kecil, jari-jarinya hanya sebesar mancis (korek api.red) dan kepalanya sebesar bola tenis," ujarnya.

Meski usianya sudah menginjak 7 tahun, namun kondisi fisik Zanial lebih mirip anak yang berumur 2 tahun. Sangat pendek, hanya sekitar 57 Cm. Zanial tipe anak yang periang, tubuh mungilnya tak  jadi hambatan dalam bergaul dengan teman sepermainanya.

"Zanial sering jadi tontonan masyarakat, tapi dia tidak pernah minder dengan kondisi fisiknya," kata Kama Rezmee Kamaruddin.