Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Konglomerat Media Asal Indonesia Akuisisi BlackBerry Messenger
Oleh : Redaksi
Rabu | 29-06-2016 | 13:02 WIB
blackberry_messenger.jpg Honda-Batam

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM - Blackberry Limited dikabarkan telah melakukan perjanjian lisensi dengan konglomerat media asal Indonesia bernama PT Elang Mahkota Teknologi (Emtek). Dilansir dari Mumbrella Asia, nilai perjanjian akuisisi Blackberry Messenger (BBM) ini mencapai 207,5 juta dollar AS (Rp 2,7 triliun) untuk jangka waktu enam tahun kedepan.

Emtek merupakan sebuah perusahaan yang menaungi beberapa layanan televisi nasional seperti SCTV, Indosiar, dan O Channel. Belum lama ini, Emtek juga turut menambahkan Iflix, sebuah platform televisi daring ke dalam jajaran layanannya.

Melalui perjanjian lisensinya dengan Blackberry, Emtek akan mengembangkan fitur-fitur baru bagi BBM. Fitur layanan yang dimiliki Emtek memungkinkan para pengguna BBM untuk mengakses beragam konten yang dimiliki oleh grup Emtek, seperti acara televisi free-to-air, video, serta lebih dari 100 ribu jam konten TV.

BBM sendiri merupakan sebuah layanan pesan instan dengan 200 juta pengguna di seluruh dunia. Sebanyak 60 juta pengguna di antaranya merupakan pengguna asal Indonesia. Layanan pesan instan yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia ini, nantinya akan dikembangkan Emtek dengan penggabungan konten aplikasi messaging, media sosial, konten, hiburan, dan e-commerce.

"Kerjasama ini akan memungkinkan pengguna BBM untuk mengakses konten eksklusif yang dimiliki Emtek dalam aspek hiburan, teknologi, dan produk serta layanan digital. Kami melihat peluang yang besar untuk mengembangkan bisnis konsumen BBM secara global dan kami juga bersemangat untuk menginvestasikan penelitian serta pengembangan demi memajukan BBM," tutur Alvin Sariaatmadja, selaku CEO Emtek seperti dikutip TCC.

Sumber: Rolling Stone
Editor: Dodo