Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Antisipasi Lonjakan Mudik, ASDP Punggur Tambah Jam Operasional dan Kapal
Oleh : Hadli
Rabu | 29-06-2016 | 12:14 WIB
ASDP-Batam,-Endin-J.jpg Honda-Batam

Kepala PT ASDP Indonesia Cabang Batam, Endin Juhaendi (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pada mudik lebaran Idul Fitri 1437 Hijriyah ini, diperkiran akan mengalami lonjakan penumpang melalui Pelabuhan ASDP Indonesia Ferry (Persero) Telaga Punggur menuju Tanjung Pinang, Lingga, Tanjung Balai Karimun-Buton Riau.

Kepala PT ASDP Indonesia Cabang Batam, Endin Juhaendi, mengatakan Pelabuhan ASDP Indonesia Ferry (Persero) Telaga Punggur melakukan penambahan dua unit kapal yang siaga untuk mengangkut penumpang.

"Kapal kita siagakan. Pada masa lonjakan baru kita gunakan. Sejauh ini kita gunakan kapal yang ada dulu," kata dia, Rabu (29/6/2016).

Ia mengatakan, saat ini belum ada peningkatan arus mudik lebaran. Namun ia memprediksikan peningkatan 10-15 Persen dari tahun lalu.

"Sekarang tidak terlalu signifikan, seperti tahun-tahun sebelumnya lonjakan mulai H-4 sampai H+3," ujarnya.

Antisipasi lonjakan, ASDP Punggur juga menambah jam operasional yang dimulai pukul 07.00 WIB sampai dengan 20.00 WIB. "Setiap harinya kapal berangkat satu jam sekali," kata Endin.

Mulai hari ini, truk pengangkut sembako dan barang, sudah tidak dapat lagi menyebrang ke Tanjunguban, Bintan menggunakan kapal roll-on-roll-off (roro) dari Pelabuhan ASDP Punggur. Langkah itu diambil untuk antisipasi kecelakan di jalan nasional, kecuali truk BBM.

Baca: Hari Ini, Truk Pengangkut Barang Dilarang Naik Roro

Editor: Udin