Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pimpin Rakor Pembangunan Kab.Karimun

Nurdin Sebut Kebijakan Harus Berbasis Kerakyatan
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 28-06-2016 | 21:10 WIB
Nurdin-pimpin-rapat.jpg Honda-Batam

Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun memimpin Rapat Koordinasi Pembangunan Kabupaten Karimun, Senin (27/6/2016) di Ruang Rapat Utama Kantor Bupati Karimun. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun mengatakan segala kebijakan dalam pembangunan harus benar-benar berbasis rakyat, bukan hanya melaksanakan kegiatan seremoni yang menghabiskan dana dan tenaga.

"Buat sebuah kebijakan yang benar-benar tujuan dari pembangunan itu agar terarah dan dirasakan oleh masyarakat," ujar Nurdin saat memimpin Rapat Koordinasi Pembangunan Kabupaten Karimun, Senin (27/6/2016) di Ruang Rapat Utama Kantor Bupati Karimun.

Rapat koordinasi sendiri digelar dalam rangka kunjungan kerja Gubernur yang disejalankan dengan safari Ramadan ke Karimun. Nurdin yang didampingi Bupati dan Wakil Bupati Karimun, Aunur Rafiq dan Anwar Hasyim juga dihadiri beberapa kepala SKPD dan FKPD Provinsi Kepri juga SKPD dilingkungan Kabupaten Karimun.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq, dalam paparannya mengatakan bahwa defisit berdampak pula terhadap pelaksanaan pembangunan di Karimun, dan beberapa kegiatan yang berjalan pada tahun 2015 bahkan sempat terhambat.

"Misalnya saja pada program pengentasan kemisksinan pada tahun 2015 tidak berjalan dengan lancar, tidak seimbangnya anggaran yang ada dengan Kegiatan yang dirancangpun menjadikan proses pelaksanaannya tidak berjalan sesuai harapan," kata Rafiq.

Untuk Kabupaten Karimun sendiri, pada 2016 ini kegiatannya terfokus pada penyelesaian hutang 2015 dan pelaksanaan program-program pokok seperti air bersih, pembebasan lahan dan RTLH. Disamping itu Dana Bagi Hasil (DBH) dari Provinsi untuk Karimun juga belum disalurkan.

"Maka dari itu, kami akan merasionalisasi kegiatan yang ada untuk ke depannya. Kami berharap kedatangan rombongan Gubernur ke Karimun dapat menindaklanjuti apa yang disampaikan pada rapat kali ini," lanjut Rafiq.

Nurdin optimis, untuk tahun 2017 permasalahan defisit dapat terselesaikan, dan pada tahun tersebut pelaksanaan proses pembangunan di daerah dapat berjalan lancar.

"Apa yang telah dipaparkan dalam rapat kali ini akan kami inventarisir dan tindak lanjuti. Kita akan gunakan pendekatan skala proitas dan strategis dalam pelaksanaan pembangunan untuk Karimun dan juga 6 Kabupaten/Kota lainnya yang ada di Kepulauan Riau," tutup Nurdin.

Editor: Udin