Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinkes Pastikan Lingga Aman dari Peredaran Vaksin Palsu
Oleh : Nur Jali
Selasa | 28-06-2016 | 16:00 WIB
Kadinkes_Lingga_dr_Ignatius_Luti_MPH.jpg Honda-Batam

Ignatius Lutti, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga.

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga memastikan peredaran vaksin palsu di beberapa provinsi di Indonesia tidak sampai ke Lingga. Hal ini sudah dilakukan pengecekan oleh dinas terkait terhadap obat-obat atau vaksin yang saat ini digunakan di kabupaten tersebut.

Dokter Ignatius Lutti, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga mengatakan tim dari dinasnya sudah mengecek saat mendapat informasi peredaran vaksi palsu tersebut. "Kita sudah cek dan syukurnya di tempat kita aman, dan vaksinnya tidak ada yang palsu," kata Lutti, Selasa (28/6/2016).

Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga melalui beberapa puskesmas selama ini menerima vaksin tersebut dari jalur melalui Dinas Kesehatan Provinsi Kepri dan tidak melalui jalur swasta.

"Kita selama ini jalurnya resmi dari PT Biofarma, dan itu merupakan perusahaan yang resmi dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepri," jelasnya.

Beredarnya vaksin palsu juga perlu diwaspadai oleh masyarakat agar tidak sembarangan membeli vaksin tanpa sesuai resep dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kita imbau masyarakat tidak sembarangan memberi vaksin tanpa ada resep dokter," jelasnya.

Sebelumnya masyarakat dihebohkan dengan vaksin palsu yang sempat dipublikasikan di beberapa media nasional. Hal ini tentu membuat masyarakat cemas dengan keberadaan vaksin palsu tersebut.

Editor: Dodo