Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jamkesmas, Jampersal & BOK Jadi Prioritas Anggaran Kesehatan
Oleh : Dodo
Senin | 05-09-2011 | 13:01 WIB

JAKARTA, batamtoday - Tahun depan anggaran pemerintah untuk bidang kesehatan akan sedikit dinaikkan. Dana tersebut nantinya akan diprioritaskan untuk program Jamkesmas, Jampersal dan juga BOK.

Anggaran kesehatan untuk tahun 2012 naik sebesar 1,99 persen, dengan begitu total dana untuk kesehatan sekitar 2,3 persen dari total APBN. Saat ini anggaran kesehatan masih menjadi urutan nomor 6 dibandingkan dengan anggaran sektor lainnya.

Namun angka ini masih belum memenuhi amanat UU Kesehatan yang mengharuskan anggaran kesehatan minimal 5 persen dari APBN. Sedangkan berdasar standar dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) anggaran untuk kesehatan sebesar 5-15 persen.

Meski begitu dana kesehatan ini nantinya akan diprioritaskan untuk program Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masuarakat), Jampersal (Jaminan Persalinan) serta BOK (Bantuan Operasional Kesehatan).

"Prioritasnya untuk memperbaiki cakupan dari Jamkesmas serta untuk memperbaiki penyerapan dari BOK karena saat ini masih kurang dari 50 persen," ujar Menkes dr Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH, DrPH seperti dikutip dari detikhealth, Senin (5/9/2011).

Menkes menuturkan dana itu nantinya juga untuk penanganan kesehatan di daerah terpencil serta penyakit tidak menular, dalam hal ini bukan untuk pengobatan melainkan untuk usaha promotif dan preventifnya.

"Karena ada daerah yang besar tapi penduduknya sedikit, kalau kita taruh 1 dokter belum tentu semua masyarakat bisa kesana. Kadang kalau kita tugaskan dokter umum, masyarakat nanya dokter spesialisnya mana," ujar Menkes.

Saat ini juga sedang dilakukan analisis pekerjaan untuk melihat kebanyakan tenaga kesehatan ada di daerah mana sehingga nantinya bisa dilakukan redistribusi, serta melatih atau mendidik orang dalam misalnya untuk urusan administrasi sehingga tidak perlu merekrut orang baru.