Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ssttt ... Budi Gunawan akan Jadi Kepala BIN Gantikan Sutiyoso
Oleh : Irawan
Selasa | 21-06-2016 | 16:10 WIB
Budigunawan.jpg Honda-Batam

Komjen Pol Budi Gunawan

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo mengungkapkan Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan akan menjadi Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) menggantikan Letjen Pur Sutiyoso, setelah tidak dicalonkan sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Pol Badrodin Haiti.

"Budi Gunawan yang rumornya akan dipromosikan menggantikan Bang Yos (Sutiyoso) sebagai kepala BIN. Tapi belum terkornfirmasi karena yang tahu Presiden," kata Bambang di Jakarta, Selasa (21/6/2016).

Menurut Bambang, posisi Budi Gunawan sebagai Wakapolri akan digantikan dua nama, yaitu Wakabaintelkam Irjen Lutfi Lubihanto dan Kalemdikpol Komjen Syafruddin.

"Nama penggantinya yang beredar, ada Syafruddin dan Lutfi. Tapi benar tidaknya tergantung Presiden," katanya.

Salah satu dari dua nama tersebut, nantinya bakal mendampingi Tito Karnavian yang bakal menjalani fit and proper test sebagai calon Kapolri pada Kamis (23/6/2016) mendatang.

"Kalau soal Wakapolri, itu kewenangan Kapolri yang baru dan Wanjakti. Ada bagusnya Pak Tito sebagai Kapolri tetap bersama-sama dengan Wakapolri yang lama Pak Budi Gunawan lakukan penetrasi untuk menjaga hubungan harmonis dengan senior-senior," lanjut Bambang.

Editor: Surya