Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KSOP Karimun Prediksi Lonjakan Penumpang Mudik Lebaran Lima Persen
Oleh : Nursali
Selasa | 21-06-2016 | 13:46 WIB
eko-ksop-karimun.jpg Honda-Batam

Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP), Eko Priyo H. (Foto: Nursali)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Sebanyak 40 armada yang disiapkan Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan Tanjungbalai Karimun untuk mengangkut seluruh penumpang dalam dan luar negeri asal Karimun menjelang arus mudik lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah mendatang.

Armada yang disiapkan oleh KSOP ini terdiri dari 12 kapal untuk angkutan pelayaran tujuan luar negeri dan 28 pelayaran tujuan domestik. Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP), Eko Priyo H, mengatakan dalam menyambut arus mudik nanti, pihaknya memberi atensi kepada seluruh masyarakat yang menggunakan jasa pelabuhan dan atau menggunakan jasa pelayaran.

"Armada ini terdiri dari berbagai jenis kapal yang telah memenuhi standar keselamatan dan layak berlayar. Kapal khusus barang telah kita siapkan juga," kata Eko kepada pewarta di ruang kerjanya, Selasa (21/6/2016).

Ia juga mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum ada mencabut izin berlayar kapal penumpang. Dirinya juga mengatakan pihaknya terlebih dahulu memeriksa segala bentuk perlengkapan dan keselamatan kapal saat berlayar.

"Apabila hal-hal tersebut ditemukan, yang pasti tidak kami berangkatkan. Karena kami di sini mengutamakan faktor keselamatan," ujar Eko.

Ia menambahkan lonjakan penumpang pada tahun ini sedikit mengalami penurunan jika dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh libur panjang yang dialami pelajar di Karimun ini, sehingga sebagian masyarakat memilih menetap sementara waktu.

"Diperkirakan lonjakan penumpang ini mengalami kenaikan cuma 5 persen saja. Kemarin kan libur panjang anak sekolah, jadi agak sedikit berkurang," ungkapnya.

Editor: Dodo