Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Stok Beras di Kepri Aman Hingga Enam Bulan ke Depan
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 15-06-2016 | 16:34 WIB
kabulog-tpi-wawan.jpg Honda-Batam

Kepala Sub-Divre Bulog Tanjungpinang M. Wawan Hadiyanto.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ketersediaan beras di Tanjungpinang, Bintan, Lingga, Natuna dan Anambas sebagaimana wilayah tugas Bulog Sub-Divre Tanjungpinang, hingga saat ini masih memadai bahkan hingga enam bulan kedepan.

"Untuk seluruh wilayah tugas Sub-Divre Bulog Tanjungpinang, Insya Allah masih aman, dan stok minimum beras Bulog di masing-masing wilayah masih masih tersedia hingga enam bulan kedepan," kata Kepala Sub-Divre Bulog Tanjungpinang M. Wawan Hadiyanto kepada BATAMTODAY.COM, usai menghadiri Rapat Koordinasi Tim Penanggulangan Inflasi Daerah ‎(TPID) di Kantor Gubernur Kepri, Selasa (14/6/2016).

Secara umum, kata Wawan, saat ini stok minimum beras di seluruh gudang Bulog yang ada di Tanjungpinang, Lingga, Natuna dan Anambas, mencapai 2.100-2.200 ton lebih.

Wawan juga mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bulan Ramadan dan Lebaran, Bulog juga melakukan Operasi Pasar (OP) di empat lokasi di Tanjungpinang dan Bintan sesuai dengan permintaan dan ajukan oleh pemerintah daerah masing-masing.

Sedangkan, di Lingga, Natuna dan Anambas belum dilakukan operasi pasar karena hingga saat ini belum ada permintaan dari pemerintah daerah bersangkutan. "Kalau ada permintaan dari daerah ke Bulog untuk melakukan operasi pasar, Kami akan adakan. Tapi hingga saat ini, tiga wilayah seperti Lingga, Natuna dan Anambas tidak ada permintaan operasi pasar, sehingga Bulog tidak mengadakan," ujarnya.

Wawan menambhakan, sesuai dengan Ketetapan Menteri Perdagangan, Harga Eceran Tertinggi (HET) beras premium Bulog saat ini, juga mengalami penurunan dari Rp8.400 menjadi Rp.7.900 per kilogram.

Editor: Dodo