Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jokowi Akhirnya Pilih Tito Karnavian sebagai Kapolri
Oleh : Irawan
Rabu | 15-06-2016 | 15:10 WIB
tito-karnavian1.jpg Honda-Batam

Komisaris Jenderal Pol Tito Karnavian

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Tito Karnavian, yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), dipilih Jokowi menjadi calon tunggal Kapolri. Nama Tito juga sudah diajukan ke DPR RI.

Ketua DPR Ade Komarudin mengaku menerima surat dari Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada Rabu (15/6/2016) pagi. Setelah dibuka, kata Ade, isi surat terkait pergantian Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti yang akan pensiun pada Juli 2016.

"Beliau menyampaikan surat tertutup, amplop tertutup. Saya buka isinya adalah Presiden RI mengajukan pengganti bapak Badrodin Haiti yang segera akan pensiun," kata Ade di Jakarta, Rabu (15/6/2016).

Ade mengungkapkan, dalam surat tersebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajukan Kepala BNPT Komjen Pol Tito Karnavian.

"Dalam surat itu, Bapak Presiden mengajukan Bapak Tito Karnavian yang sekarang menjabat Kepala BNPT dan mantan kepala Polda Metro," katanya.

Hal senada disampaikan Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo. Bambang mengatakan, surat Presiden tersebut akan dibawa ke Badan Musyawarah (Bamus) untuk dibahas agar bisa segera dibacakan di Rapat Paripurna DPR.

"Surat Presiden terkait calon Kapolri yang baru sudah di meja pimpinan DPR. Dan rencananya besok akan dibawa ke Bamus dan segera dibacakan di sidang paripurna," kata Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo di Jakarta, Rabu (15/6/2016).

Menurut Bambang, setelah dibacakan di sidang paripurna baru akan dibahas dalam rapat pleno komisi III untuk menentukan jadwal fit dan proper test.

"Kita harapkan sebelum memasuki libur hari Idul Fitri sudah bisa kita selesaikan dan bisa ditetapkan dalam pengambilan keputusan di sidang paripurna tanggal 28 Juni 2016," tegas dia.

Menurut Bambang, menilai Komjen Tito Karnavian memenuhi syarat jadi Kapolri dan Komisi III siap melakukan fit and proper test calon Kapolri alumni terbaik Akpol angkatan 1987.

"Dari sisi kepangkatan sih (Tito) sudah memenuhi syarat bintang tiga, namun dari sisi senioritas dia melampauai beberapa angkatan," kata Bambang

Namun dari segi kapasitas, Komjen Tito dinilai Bambang punya kemampuan menjadi Kapolri. "Dan dari sisi kemampuan kecerdasan, intelektual dan personalitas tidak ada yang meragukan yang bersangkutan," katanya.
Bambang berharap Komjen Tito lekas disetujui DPR jadi Kapolri. Komjen Tito diharapkan bisa jadi perekat faksi di Polri.

"Kita harapkan kapolri baru ini bisa menjadi perekat faksi-faksi yang ada di Polri, dan membuat Polri semakin solid yang akan datang," pungkasnya.

Editor: Surya