Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Yuk, Jaga Kesehatan Mulut Selama Puasa
Oleh : Redaksi
Selasa | 07-06-2016 | 14:53 WIB
bau_mulut.jpg Honda-Batam

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM - Kesehatan mulut merupakan hal penting selama kita menjalankan ibadah puasa. Seringkali kita menjadi tidak nyaman dan terganggu dengan keluhan seperti bau mulut yang tidak sedap. Hal ini wajar terjadi dan bisa dicegah dengan mengetahui apa penyebabnya.

Ketika berpuasa, tentunya seseorang akan lebih rentan mengalami bau mulut yang tidak sedap. Secara fisiologis kondisi ini menyebabkan menurunnya produksi air liur yang dapat membuat mulut menjadi kering (xerostomia), fungsi air liur adalah sebagai self-cleansing di dalam rongga mulut.

Di dalam rongga mulut terdapat lebih dari 300 mikroorganisme normal, dalam keadaan berpuasa dimana tidak ada aktivitas mengunyah dan terjadi penurunan produksi air liur, akibatnya jumlah oksigen di dalam mulut akan berkurang. Bakteri anaerob dapat berkembang biak di dalam mulut tanpa oksigen yang mengubah sisa makanan yang tersisa disela-sela gigi dan memecah asam amino sehingga menghasilkan gas sulfur yang membuat mulut menjadi baunya atau halitosis.

Selain itu, mulut yang kering biasanya akan sering timbul sariawan pada mukosa rongga mulut, hal ini disebabkan juga karena menurunnya produksi air liur yang berfungsi sebagai moisturizer atau pelembab pada rongga mulut.

Expand