Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mantan Pejabat Teras Lingga Bongkar Penyelewengan APBD Lingga
Oleh : Nur Jali
Selasa | 07-06-2016 | 12:03 WIB
korupsi-bersama.jpg Honda-Batam

Ilustrasi korupsi bersama (tabloidjubi.com)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Mantan pejabat teras Kabupaten Lingga membongkar kebobrokan Pemerintah Kabupaten Lingga di zaman pemerintahan H. Daria. Data-data tersebut dikirimkan ke lembaga eksekutif maupun legislatif di Kabupaten Lingga beberapa waktu lalu.

Salah satu sumber yang dekat dengan pengirim dokumen penyelewengan APBD Lingga itu mengatakan, isi berkas tersebut ada puluhan halaman, isinya tentang sumbangan ke beberapa pejabat di lembaga penegak hukum, FKPD, Ormas/ LSM hingga oknum wartawan.

"Ya, saya hanya lihat sebagian, waktu mau dikirim ke mantan pengacara Pemkab, Dewan dan Wabup. Saya lihat halaman depannya dan beberapa lampirannya, tapi tidak sempat baca mendetail karena buru-buru harus dikirim," kata sumber kepada BATAMTODAY.COM, Selasa (7/6/16).

Meski tidak melihat sepenuhnya, sumber sempat memberikan bukti foto dokumen yang ditanda-tangani oleh mantan pejabat teras Kabupaten Lingga itu. Di surat tersebut juga membongkar kebobrokan selama tahun 2009, 2010 dan 2011.

"Dalam dokumen itu tertulis sejumlah uang dari kas daerah dipergunakan untuk keperluan di luar mata anggaran, untuk diserahkan kepada pihak ketiga, dengan jumlah hingga miliaran rupiah," jelas sumber.

Hasil penelusuran BATAMTODAY.COM di lapangan, surat tersebut kini sudah diterima oleh Wakil Bupati Lingga, Ketua DPRD Lingga, beserta ketua Komisi di DPRD Lingga. Sementara dari DPRD Lingga maupun Pemerintah Kabupaten Lingga belum dapat dimintai konfirmasi terkait dokumen dari mantan pejabat Kabupaten Lingga ini.

Editor: Udin