Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Akom Minta Pemerintah Turun Tangan Atasi Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok
Oleh : Irawan
Minggu | 05-06-2016 | 10:00 WIB
Akom1.jpg Honda-Batam

Ketua DPR Ade Komaruddin

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua DPR Ade Komarudin menyesalkan kembali terjadinya kenaikan harga bahan pokok menjelang bulan suci Ramadhan. Dia meminta pemerintah segera bertindak agar harga-harga bahan pokok di berbagai daerah bisa kembali terjangkau.

"Negara harus campur tangan mengintervensi harga. Minimal 40 persen pasar harus dikuasai negara, sisanya 60 persen kasih swasta," kata Akom di Jakarta, Sabtu (4/6/2016).

Akom didampingi para wakil ketua DPR RI berencana melakukan operasi pasar di Kabupaten Bekasi pada Senin (6/6/2016) guna memantau kenaikan harga bahan pokok yang terus melonjak.

"Saya ingin tahu dulu kondisi yang sesungguhnya, walaupun saya tahu kenaikan harga menjelang puasa ini kan masalah klasik. Belum ada solusinya," kata dia.

Dalam sistem kapitalisme, lanjut politisi Partai Golkar ini, pedagang memang mencari untung setinggi-tingginya dengan ongkos produksi serendah-rendahnya. Oleh karena itu, campur tangan pemerintah sangat penting untuk mengatasi harga yang terus melonjak.

"Pasar harus diintervensi oleh negara 40 persen. Serahkan ke institusi yang punya pengalaman untuk mengurus sembako," ucap Ade.

Editor: Surya