Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ditudih Lakukan Pengemplangan Pajak dengan Nilai Kerugian 4,2 Juta Euro

Messi Ngaku Tak Tahu Apa-apa Tentang Pendapatannya
Oleh : Redaksi
Jum'at | 03-06-2016 | 11:50 WIB
lionel-Messi.jpg Honda-Batam

Messi menjalani sidang kasus pajak yang menjeratnya dan ayahnya, Jorge Messi. (Sumber foto: CNN)

BATAMTODAY.COM, Spanyol - Bintang Barcelona, Lionel Messi, bersaksi di depan hakim bahwa dirinya tak mengetahui apapun soal pengelolaan uang dan pendapatannya selama berkarier profesional sebagai pesepak bola.

Lionel dan ayahnya, Jorge Horacio Messi, dituduh kantor perpajakan Spanyol melakukan pengemplangan pajak pada periode 2007-2009 dengan nilai kerugian hingga 4,2 juta euro.

Menurut kantor penuntut umum, pihak Messi menyembunyikan nilai pendapatan yang sebenarnya dengan menggunakan perusahaan cangkang di Uruguay, Belize, Swiss, dan Inggris.

Pengadilan kasus pajak Messi ini dimulai pada Selasa (31/5/2016) lalu. Pada Kamis, Messi untuk kali pertama memberikan kesaksian di pengadilan.

"Saya hanya bermain sepak bola. Saya menandatangani kontrak karena saya mempercayai ayah saya dan pengacara, dan kami telah memutuskan bahwa mereka akan mengurusi soal-soal seperti ini," kata Messi kepada hakim.

Mengenakan jas hitam dan dasi, Messi duduk di samping ayahnya di depan hakim dan mendengarkan kesaksian dari pihak-pihak lainnya selama empat jam. Baru kemudian ia dipanggil untuk memberikan kesaksian selama 15 menit.

Pemain tim nasional Argentina itu mengatakan, dirinya tak pernah memiliki kecurigaan ketika ayahnya meminta untuk menandatangani kontrak atau dokumen.

Diberitakan ESPN FC, pengacara-pengacara Messi juga coba untuk menunjukkan bahwa sang pemain tak mengetahui apapun soal persoalan pajak dan cara mengakalinya.

"Satu-satunya hal yang saya ketahui adalah kami menandatangani perjanjian dengan sponsor-sponsor yang berbeda dan mereka meminta saya untuk tampil di iklan, foto, dan hal-hal seperti itu. Namun saya tidak tahu bagaimana uang ini datang atau kemana perginya," ujar Messi lagi.

Setelah mulai diselidiki pada Juni 2013, Messi dan ayahnya telah membayar nilai koreksi pajak kepada otoritas Spanyol sebesar lima juta euro.

Messi pindah ke Barcelona dari kota kelahirannya di Argentina, Rosario, pada 2000 silam. Ia mendapatkan kewarganegaraan Spanyol pada 2005.

Ia berada pada nomor 10 daftar atlet dengan pendapatan tertinggi di dunia dalam 10 tahun terakhir versi Forbes. Messi diperkirakan memiliki pemasukan US$350 juta pada satu dekade terakhir.

Messi telah mencetak 453 gol dalam 531 penampilan untuk Barcelona di seluruh kompetisi. (Sumber: CNN)

Editor: Udin