Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Partai Golkar Batam Gelar Musda VII Sabtu Pekan Depan
Oleh : Roni Ginting
Kamis | 02-06-2016 | 17:58 WIB
pengurus-golkar-batam.jpg Honda-Batam

Para pengurus DPD II Partai Golkar Kota Batam yang bersiap menyelenggarakan Musyawarah Daerah VII pada Sabtu pekan mendatang. (Foto: Roni Ginting)

BATAMTODAY.COM, Batam - DPD II Partai Golkar Kota Batam akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) VII pada Sabtu (11/6/2016) di Hotel Golden View, Bengkong.

Ramansyah, Ketua Tim Pengarah (SC) Musda mengatakan, bahwa Partai Golkar Batam paska Munaslub di Bali, ada rujukan dan panduan untuk seluruh DPD I dan II seluruh Indonesia yang belum melakukan musda segera dilaksanakan. Dimana semangat musda merupakan cerminan rekonsiliasi dari Partai Golkar.

"Tanpa membedakan kubu mana, ikut gabung dalam musda. Golkar hari ini adalah sebuah kedamaian," kata Ramansyah kepada wartawan, Kamis (2/6/2016).

Ia menjelaskan, musda tersebut sekaligus pemilihan Ketua DPD II Golkar Batam periode 2016-2021. Mekanisme pemilihan akan dilakukan secara musyawarah mufakat.

"Mekanisme ada 18 pemilik suara yakni 12 suara dari Kecamatan, satu suara dari DPD I, satu suara dari DPD II, satu suara dari Dewan Pertimbangan, Organisasi Sayap, Organisasi Otonom dan Organisasi dari Ormas yang didirikan oleh wilayah," terangnya.

Sedangkan untuk bakal calon, lanjutnya, terbuka untuk seluruh kader Partai Golkar sesuai dengan kriteria yang ditetapkan diantaranya berdomisili di Batam, berpendidikan D3, tidak sedang dicabut hak pilihnya, tidak terlibat G30S PKI dan minimal 5 tahun dalam pengurusan partai.

"Kriteria bukan produk lokal melainkan turunan dari DPP," ujar Ramansyah.

Ditambahkannya, tidak ada pendaftaran untuk menjadi calon. Hanya saja, bakal calon diwajibkan mendapat dukungan 30 persen dari pemilik suara yang sah atau 6 suara untuk maju menjadi calon.

"Jadi hanya yang memiliki dukungan 30 persen suara yang berhak maju jadi calon," tuturnya.

Sementara, Hendra Asman, ketua tim penyelenggara (OC) mengatakan bahwa pembukaan Musda Partai Golkar akan mengundang unsur Muspida, tokoh masyarakat, tokoh agama dan pengurus partai lain.

"Karena bertepatan dengan Ramadhan, nanti sekaligus acara buka puasa bersama," kata Hendra Asman.

Editor: Dodo