Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nobar Final Champions, 12 Fan Madrid di Irak Tewas Ditembak
Oleh : Redaksi
Senin | 30-05-2016 | 11:26 WIB
liga.jpg Honda-Batam

Serangan terhadap pendukung Real Madrid di Irak terjadi dua kali dalam bulan ini. (Sumber foto: CNN)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Sebanyak 12 penggemar Real Madrid tewas ketika melakukan nonton bareng final Liga Champions di Baakouba, Irak, Sabtu (28/5/2016). Mereka ditembak empat orang yang dikenal sebelum drama adu penalti berlangsung.

Seperti dikutip dari AS, serangan terjadi ketika babak tambahan kedua memasuki menit-menit akhir. Presiden fan klub di Baakouba yang terletak 50 kilometer dari Baghdad, Ziad Albidani, mengatakan keempat penyerang melepaskan tembakan secara membabi-buta.

"Ini seperti serangan yang terjadi awal bulan ini. 12 orang tewas dan delapan lainnya terluka, dan mereka langsung dibawa ke Rumah Sakit. Serangan terjadi di babak kedua tambahan waktu, sebelum adu penalti dilakukan, sekitar tengah malam waktu lokal," ujar Albidani.

Awal bulan ini, 16 pendukung Madrid tewas karena serangan yang dilakukan tiga militan ISIS, 13 Mei lalu. Ketika itu sekitar 50 pendukung Madrid sedang berkumpul di sebuah kafe untuk menyaksikan pertandingan Los Blancos.

Khusus untuk serangan di Baakouba, belum ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab. Namun, kondisi tersebut membuat pihak fan klub Madrid di Irak khawatir.

"Pihak keamanan tidak memberikan informasi yang banyak. Ini situasi yang buruk. Mereka menghancurkan kebahagiaan semua pendukung Madrid di malam spesial ini," demikian pernyataan resmi pihak fan klub Madrid di Irak.

Sementara itu, presiden Madrid, Florentino Perez, mendedikasikan gelar Liga Champions musim ini untuk 16 pendukung klub yang tewas diserang tiga militan ISIS.

"Saya ingin mendedikasikan trofi ini kepada para suporter kami di Irak," ujar Perez usai Madrid mengalahkan Atletico pada laga final di Stadion San Siro, Milan. (Sumber: CNN)

Editor: Udin