Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bayi Jumbo Seberat 7 Kg Lahir di India
Oleh : Redaksi
Jum'at | 27-05-2016 | 10:02 WIB
indiababybyprakashhassan.jpg Honda-Batam

Inilah bayi perempuan dengan bobot hampir 7 kg, 6,8 kilogram. (Foto: VOA)

BATAMTODAY.COM, New Delhi - Seorang perempuan muda di India melahirkan seorang bayi perempuan dengan bobot hampir 7 kg, 6,8 kilogram. Sejumlah dokter mengatakan bayi itu amat mungkin mencatatkan rekor sebagai bayi terberat di India.

 

“Saya bisa katakan, ini bayi terberat di India. Apakah bayi itu merupakan yang terberat di dunia, saya belum bisa pastikan,” kata Dr Venkatesh R, pejabat dinas kesehatan Distrik Hassan, Negara Bagian Karnataka, kepada wartawan BBC Hindi, Imran Qureshi.

Bayi yang dilahirkan Nandini (20) melalui operasi caesar itu tidak hanya berat, tapi juga sangat tinggi.
”Tinggi bayi itu mencapai 62cm, berbeda dengan tinggi bayi normal di India, yaitu 50 cm,” kata Dr SR Kumar.

Dr SR Kumar dan sejumlah dokter lainnya mengatakan mereka bakal melakoni serangkaian tes untuk mengetahui mengapa bayi tersebut sangat berat. Pasalnya, bayi dengan bobot berlebih biasanya lahir dari ibu pengidap diabetes. Namun, dalam kasus Nandini, dia tidak mengidap penyakit itu.

“Kami telah melakukan ultrasound dan tes darah terhadap Nandini, namun kami tidak menemukan keanehan. Kami mengirim sampel-sampel untuk tes penyimpangan metabolisme pada bayi baru lahir. Kami akan menerima hasilnya dalam 48 jam mendatang,” kata Dr Kumar.

Rekor bayi terberat di India sebelumnya dipegang oleh bayi laki-laki bernama Firdous Khatun. Dia lahir di Negara Bagian Uttar Pradesh pada November 2015 dengan bobot 6,7 kg.

Adapun rekor bayi terberat di dunia masih dipegang Carmelina Fedele di Aversa, Italia. Ketika lahir pada September 1955 lampau, bobot tubuhnya mencapai 10,2 kg. (Sumber: BBC Indonesia)

Editor: Dardani