Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Leila Chudori Bedah Buku Pulang di Negeri Orang
Oleh : Redaksi
Kamis | 26-05-2016 | 08:24 WIB
leilachudori26.jpg Honda-Batam

Penulis Indonesia, Leila Chudori di depan Columbia University, New York, salah satu tujuan tur bedah buku "Pulang." (Foto: Dok Leila Chudori)

BATAMTODAY.COM, California - Penulis sekaligus jurnalis asal Indonesia, Leila Chudori, belum lama ini melakukan tur bedah buku novel terakhirnya yang berjudul "Pulang" di beberapa kota di Amerika.

 

Novel yang dirilis pada tahun 2012 ini telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, salah satunya bahasa Inggris tahun 2015 lalu menjadi "Home."

Tidak hanya mahasiswa asal Indonesia yang hadir, mahasiswa lokal yang sebagian besar sudah mengenal Indonesia dan memiliki fokus studi mengenai Asia Timur dan Tenggara juga ikut meramaikan acara tersebut.

"Memang kebetulan beberapa universitas ini ya tertarik untuk membahas buku saya," papar Leila Chudori kepada VOA belum lama ini.

"Kalau saya ke Australia atau ke beberapa negara di Eropa, di Belanda atau di mana mereka pasti mention oh ini short story kamu, dalam Malam Terakhir, yang ini nih menjadi bahan studi. Ada beberapa bukan hanya itu," tutur putri mendiang jurnalis Muhammad Chudori ini.

Memang tidak sedikit institusi di luar negeri yang sudah menjadikan hasil karya Leila sebagai bahan diskusi. Tidak heran namanya juga sudah dikenal di dunia sastra AS.

"Jadi ada beberapa universitas kemarin, misalnya Berkeley, salah satu profesornya, dia yang memberi introduction, dia mengatakan kepada hadirin bahwa karya-karya saya sebelumnya itu memang juga dipelajari di kelasnya dia di sastra," ujar peraih penghargaan penulis skenario televisi terbaik di ajang Bandung Film Festival tahun 2007 untuk serial televisi "Dunia Tanpa Koma" ini.

Expand