Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pansus DPRD Kepri Rekomendasikan Plt Gubernur Evaluasi Kinerja Sejumlah SKPD
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 23-05-2016 | 16:38 WIB
pansus-lkpj-apbd-2015.jpg Honda-Batam

Unsur pimpinan DPRD Kepri menyerahkan rekomendasi Pansus Laporan Keterangan Pertangungjawaban (LKPj) APBD 2015 kepada Plt Gubernur Kepri, Nurdin Basirun. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kepri untuk Laporan Keterangan Pertangungjawaban (LKPj) APBD 2015, meminta Plt Gubernur Provinsi Kepri, melakukan evaluasi dan penggantian SDM di sejumlah SKPD di Provinsi Kepri lantaran indikator kinerja banyak yang tidak tercapai.

Hal itu dikatakan Ketua Pansus LKPj APBD 2015 DPRD Kepri, Sirajudin Nur, dalam Rapat Paripurna Laporan Akhir Pansus Atas LKPJ Gubernur Kepri, di DPRD Kepri, Senin (23/5/2016).

Dalam rekomendasi dan catatan strategisnya, Sirajudin mengatakan,dari rapat dan evaluasi kinerja pansus terhadap capaian target indikator pembangunan pada masing-masing SKPD, hanya sebagian yang dapat dicapai dan dikerjakan sejumlah SKPD. Bahkan, sebagaian SKPD sama-sekali tidak memiliki indikator kinerja sehingga tidak dapat dinilai dan dievaluasi pansus.

Pansus DPRD Kepri juga menyoroti tidak tercapainya realiasi target penerimaan daerah ‎yang sebelumnya diproyeksikan Rp2,7 miliar. Demikian, juga penerimaan pajak, dan realisasi distribusi, hingga gambaran fiskal keuangan APBD Kepri 2015 masih banyak bergantung pada APBN.

"Atas dasar itu, Kami memberikan rekomendasi dan catatan strategis pada Plt Gubernur Provinsi Kepri, agar mengevaluasi Kinerja DPPKAD, Bappeda, serta Penatausahaan Keuangan Daerah," ujarnya.

Demikian juga indikator penyelenggaraan urusan desentralisasi, Pansus LKPJ DPRD mendapati tidak semua indikator aspek kinerja yang disajikan sesuai dengan tujuan indikator Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) dan Rencana Kinerja Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sehingga pansus tidak dapat melakukukan penilaian.

Expand