Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelantikan Nurdin dan 3 Plt Gubernur Provinsi Lain Kembali Diundur Minggu Depan
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 19-05-2016 | 16:07 WIB
Nurdin-Basirun-1452016.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Plt Gubernur Keprei, DR, H. Nurdin Basirun, S.Sos, M.Si (Foto: Charels Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pelantikan Plt.Gubernur Kepri, Nurdin Basirun dan 3 Plt.Gubernur Provinsi lainya, yang sebelumnya diwacanakan, Jumat (20/5/2016) besok, kembali diundur pada Rabu (25/5/2016) minggu mendatang.

Kepastian tanggal pelantikan 4 gubernur, diantaranya Provinsi Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Utara dan Kalimantan Tengah, itu diperoleh Biro Pemerintahan Provinsi Kepri secara lisan dari Kepala Bagian Administrasi, Dirjen Otonomo Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri. Baca: Pelantikan Nurdin Basirun Diundur Jumat Depan

"Baru kami dapat informasi pemberitahaun secara lisan dari TU Dirjen Otda, sesuai penetapan pelaksanaan pelantikan 4 Plt.Gubernur menjadi Gubernur definitif akan dilaksanakan pada 25 Mei 2016. Mudah-mudahan tidak ada perubahan lagi lah," ujar Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Kepri, Hj.Misni pada BATAMTODAY.COM di Tanjungpinang, Kamis (19/5/2016).

Dari penjelasan Kepala Bagiaan TU Dirjen Otda, Kementerian Dalam Negeri, tambah Misni lagi, awalnya Menteri Dalam Negeri telah mengusulkan pelaksanaan pelantikan 4 Kepala Daerah Provinsi di Indonesia itu, pada Selasa (24/5/2016), tetapi setelah melihat jadwal dan kegiatan Presiden, selanjutnya Sekretaris Negara, menjadwalkan pelaksanaan pelantikan dapat dilakukan, pada Rabu (25/5/2016).

Untuk memastikan waktu tersebut, pihaknya juga meminta pada Dirjen Otda Kementeriaan Dalam negeri, agar dapat mengirimkan radiogram perintah pelaksanaan pelantikan dan atas dasar itu pelaksanaan persiapan Pemerintah Provinsi Kepri akan dapat dilakukan.

"Mendagri sudah menyatakan akan segera mengirimkan radiogramnya, dan biasanya dua atau tiga hari sebelum Hari H pelantikan, Pemerintah Daerah akan diundang dalam rapat bersama ke Jakarta," sebut Misni dan berharap segera ada kepastian pelantikan Plt.Gubernur Kepri menjadi Gubernur definisitf itu.

Editor: Udin