Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Fitur Facebook Live Dipakai untuk Sebar Video Seks
Oleh : Redaksi
Senin | 16-05-2016 | 10:38 WIB
fb.jpg Honda-Batam

Fitur Facebook Live Dipakai untuk Sebar Video Seks Logo aplikasi Facebook di ponsel Apple iPhone. (Sumber foto: CNN Indonesia)

BATAMTODAY.COM, Amerika Serikat - Fitur Facebook Live tampaknya telah disalahgunakan oleh sejumlah remaja asal Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat, untuk berbuat yang tidak senonoh.

Kepolisian Milwaukee mengirim surat perintah untuk mencari tiga remaja lokal tersebut yang dilaporkan telah bolos sekolah untuk merekam dirinya melakukan hubungan seksual secara langsung ke Facebook Live dan menyebarkannya ke teman-teman sekolah, dan tentunya ke ranah global.

Tiga remaja tersebut terdiri dari 2 perempuan usia 14 dan 15 tahun serta seorang laki-laki usia 15 tahun. Ketiganya kompak bolos sekolah untuk merekam aksi seksualnya untuk dibagikan ke teman-temannya melalui ponsel pintar selama kelas kesehatan.

Mengutip The Next Web, polisi setempat sedang meminta Facebook untuk menyerahkan semua informasi mengenai remaja perempuan 14 tahun itu termasuk foto, riwayat status, dan video, serta informasi melingkupi nama, email, dan alamat IP.

Dalam surat perintah pencarian tersebut dicantumkan pula potensi hukuman kepada dua perempuan remaja karena "telah mengekspos materi anak yang merugikan." Sedangkan remaja laki-laki tidak masuk daftar sebagai pelaku.

Meski sudah terjadi pada Januari lalu, investigasi ini tampaknya masih dalam proses dan belum ada tanggapan dari pihak Facebook.

Sekolah Milwaukee Public Schools mengeluarkan pernyataan resmi, berikut isinya.

"Pada Januari lalu, staf sekolah telah menyadari ada sebuah video yang mengandung tingkah laku tidak pantas yang dilakukan di luar sekolah. Pihak sekolah langsung melaporkan ke otoritas berwenang dan bekerja sama dalam investigasinya. Kami menjalankan disiplin yang layak bagi yang terlibat, termasuk tambahan konsekuensi yang akan mereka hadapi." (Sumber: CNN Indonesia)

Editor: Udin