Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polisi Hongkong Gagalkan Penyelundupan Trenggiling
Oleh : Redaksi
Sabtu | 14-05-2016 | 09:26 WIB
trenggilingbybbc.jpg Honda-Batam

Trenggiling, binatang yang banyak diselundupkan keluar dari Indonesia. (Foto: BBC).

BATAMTODAY.COM, Hongkong - Polisi Hongkong berhasil menggagalkan upaya penyelundupan trenggiling beku dalam sebuah operasi di Tuen Muen, Kamis (12/5/2016). Binatang ini juga banyak diselundupkan keluar dari Indonesia ke luar negeri.

 

Dalam operasi itu ditemukan trenggiling, yang merupakan spesies yang terancam punah, seberat 345 kg, dan 16 kg sisik trenggiling serta 1.400 telepon genggam dengan nilai total sekitar US$1,1juta (sekitar Rp14,6miliar).

Barang selundupan itu ditemukan dalam 14 kardus berisi trenggiling dan satu kardus berisi sisik trenggiling serta empat kardus berisi telepon genggam.

Petugas bea cukai dan polisi perairan Hong Kong melakukan operasi memberantas penyelundupan di Tuen Muen sesudah melihat beberapa orang memuat barang ke dalam sebuah perahu cepat di pelabuhan Kadoorie. Daging dan sisik trenggiling dihargai mahal di Cina karena dianggap bermanfaat untuk pengobatan.

Menurut ahli hewan liar, trenggiling termasuk mamalia yang banyak ditemukan di Afrika dan Asia dan sedang terancam punah.
Penyelundupan di Hong Kong termasuk kejahatan serius, pelakukanya bisa diancam hukuman tujuh tahun penjara.
Hingga kini, kasus ini masih dalam penyelidikan pihak berwenang. (Sumber: BBC Indonesia)

Editor: Dardani