Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tutup Forum Invesment Apkasi di Jakarta

Presiden Jokowi Minta Seluruh Kepala Daerah Laksanakan 12 Paket Kebijakan Ekonomi
Oleh : Irawan
Minggu | 08-05-2016 | 10:45 WIB
Jokowi.jpg Honda-Batam
Presiden Joko Widodo 

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Presiden Joko Widodo meminta kepala daerah baik gubernur, buoati dan walikota menindaklanjuti berbagai 12 paket kebijakan ekonomi yang telah diluncurkan pemerintah. 


"Meskinya paket-paket ini ditindaklanjuti oleh daerah dalam implementasinya melalui aturan baik peraturan bupati atau perda, jangan justru membuat aturan yang menghambat gerak kita," kata Presiden Jokowi saat menutup Asosiasi Pemerintah Kabupaten Indonesia (Apkasi) Investment Trade International Summit (AITIS) 2016 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (7/5/2016) malam.

Jokowi mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan tersebut, terkait upaya meningkatkan sinergi antara pusat dengan daerah. 

"Salah satu kunci memenangkan persaingan adalah sinergi pusat dan daerah, percuma pusat dan daerah melakukan perombakan aturan besar-besaran, jika tidak ada sinergi," kata Jokowi.

Presiden Jokowi bilang, saat ini, pemerintah tengah fokus dalam dua hal prioritas, yaitu deregulasi dan percepatan penyediaan infrastruktur. 

"Deregulasi diperlukan karena kita negara besar tetapi kecepatan bertindak dihambat aturan sendiri. Ada 42.000 aturan yang dibuat PP, peraturan presiden, peraturan menteri, peraturan daerah. Dengan aturan sebanyak ini, kecepatan bertindak menjadi lambat padahal perubahan global sangat cepat," kata Jokowi.

Presiden asal Solo ini mengatakan, setiap detik, kondisi global selalu berubah dan itu bisa diantisipasi jika ada fleksibilitas aturan. "Karena itu ada paket deregulasi ekonomi I hingga XII," katanya. 

Editor: Surya