Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolres Lingga Dapat Warisan Kasus 23 IUP Bermasalah
Oleh : Nurjali
Minggu | 01-05-2016 | 14:31 WIB
tambang-pasir-besi.jpg Honda-Batam

Kegiatan penambangan di Kabupaten Lingga. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Meski belum serah terima jabatan, antara Kapolres Lingga yang baru dengan Kapolres Lingga yang lama, namun sejumlah kasus yang diduga bernilai milyaran rupiah di Pemerintah Kabupaten Lingga bakal menjadi pekerjaan rumah bagi Kapolres Lingga yang baru. 

 

Salah satu kasus yang saat ini masih belum ditingkatkan statusnya adalah kasus 23 IUP (Izin Usaha Pertambangan) yang ditandatangani oleh Mantan Bupati Lingga Daria, dan Mantan Penjabat Bupati Lingga Edi Irawan.

Sebelumnya, kasus ini pernah mencuat di kalangan masyarakat. Bahkan, saat itu Kapolres Lingga AKBP Surisman yang sebentar lagi akan meninggalkan Polres Lingga pernah mengatakan, bahwa pemeriksaan saksi-saksi untuk kasus tersebut terus berjalan.

"Kasusnya tetap lanjut, sekarang masih kita pelajari celah pidana yang untuk 23 Izin Usaha Pertambangan ini," ungkap AKBP Surisman, saat itu.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Lingga AKP Syaiful Badawi saat dikonfirmasi mengenai IUP mengatakan, saat ini pihaknya terus bekerja keras mengumpulkan bukti-bukti pelanggaran yang dilakukan pejabat terkait keluarnya 23 IUP yang diduga menyalahi aturan perundang-undangan.

"Kita terus telusuri kasus tersebut, dalam waktu dekat kita juga akan gelar perkara kasus tersebut," ungkapnya.

Sementara itu, ketika di konfirmasi apakah berpengaruh terhadap pergantian Kapolres yang baru, menurut Ajun Komisaris Polisi Syaiful Badawi, untuk penanganan kasus ini tidak akan berpengaruh siapa saja Kapolres nya. Karna setelah serah terima jabatan dan pisah sambut, perwira kapolres yang baru, tentu akan langsung melanjutkan pekerjaan yang masih tertinggal.

"Pengaruh tidak, pimpinan yang baru nanti tentu akan berkoordinasi dengan pimpinan lama, mengenai kasus-kasus yang belum sempat di selesaikan, tentu akan di teruskan nantinya," ungkapnya.

Sesuai TR Kapolri tanggal 28 April 2016, ada beberapa perwira menengah yang dimutasi di jajaran Polda Kepri dan salah satunya adalah Kapolres Lingga AKPB Surisman yang akan menjabat sebagai Kapolres Blora Polda Jatim. Sementara penggantinya adalah AKBP Mudji Supriyadi yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubditbinpolmas Ditbinmas Polda Kepri.

Editor: Dardani