Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Banyak Buruh yang Libur, Aktivitas Perusahaan Sepi
Oleh : Harun Al Rasyid
Minggu | 01-05-2016 | 09:17 WIB
20160501_084418_edit_edit.jpg Honda-Batam
Foto: BATAMTODAY.COM/Harun Al Rasyid

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Hyundai yang berada di sebelah kiri arah menuju Tanjunguncang terpantau sepi dari para pekerja. 


Hanya ada segelintir sepeda motor tampak parkir di halaman depan dan samping masuk.

Menurut seorang security yang bertugas pada hari ini, pekerja yang datang cuma dari pekerja lokal atau sapkron. Sedangkan kebanyakan pekerja lainnya libur. 

"Hanya puluhan saja yang kerja," kata security itu tanpa mau namanya disebutkan, Minggu (1/5/2016).

Biasanya, masih kata dia, di hari biasa banyak pekerja yang memenuhi tempat parkir kendaraan ini. Selain karena waktu libur atau tanggal merah, kemungkinan diantaranya ikut berdemonstrasi peringatan Mau Day. 

"Biasanya mereka kalau demo ngumpulnya didepan sini," katanya.

Sejauh ini, kata dia belum ada pergerakan dari serikat pekerja maupun buruh lainnya yang datang. Sejak pagi tempat ini terlihat sepi dan tidak ada aksi sweeping.

"Biasanya juga tidak ada aksi sweeping," pungkasnya.

Hal yang sama terlihat juga di PT. SRI Tanjunguncang. Parkiran sepeda motor yang biasanya berjejer memenuhi ROW jalan, hari ini terlihat jauh dari biasanya. Kondisi jalan Brigjen Katamso bilamana ada demo buruh terlihat ramai, kali ini kosong melompong.

Pemandangan ini mengasumsikan jika demi burug pada hari ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Rencananya, unjuk rasa yang akan berlangsung di Terminal Mukakuning nanti di isi dengan acara Gathering Family dan pertunjukan lain sebagainya.

Editor: Surya