Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sejumlah Kawasan Industri di Batuampar Tak Beroperasi
Oleh : Irwan Hirzal
Minggu | 01-05-2016 | 08:38 WIB
IMG_20160501_073817_edit.jpg Honda-Batam
Sejumah kawasan industri di Batuampar tak beroperasi (Foto: BATAMTODAY.COM/Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam-Pada Hari Buruh (May Day) yang jatuh pada Minggu (1/5/2016) ini, sejumlah kawasan industri di Batuampar terlihat tidak beroperasi.


Hal ini karena peringatan hari buruh tahun 2016 bertepatan dengan hari libur akhir pekan, dan 1 Mei juga telah ditetapkan sebagai hari libur nasional

Kawasan Industri Siemens, Kawasan Union Industrial Park dan Citra Buana Center Park II, terlihat tidak ada buruh yang masuk berkerja. Lahan parkir sepeda motor yang biasanya ramai kini menjadi sepi.

Hanya para securiti perusahan kecil yang berjaga didepan dengan ditemani pria berbaju loreng. "Saya kemarin disuruh masuk sama atasan, tapi sampai di PT sepi. Tidak ada yang masuk. Mungkin libur, kan hari buru nasional," ucap pekerja galangan Joni  Kawasan Industri Siemens.

Meski tidak ada aktifitas beberapa aparat penegak hukum kepoplisian dari Primob tampak berjaga dilokasi kawasan. Meskipun tidak ada informasi akan adanya sweeping. 

"Semua libur mas, kalau berkerja dsialihkan ke Batam Indo, Mukakuning," ucap petugas kepolisian yang berjaga di kawasan Citra Buana.

Di jalan umum juga terjadi hal serupa. Tidak ada terlihat aksi konfoi atau iring-iringan kendaraan roda dua oleh serikat pekerja yang biasa dilakukan tahun-tahun sebelumnya pada pelaksanaan May Dey.

Dalam pantauan BATAMTODAY.COM tidak satupun terlihat pengendara roda dua yang memakai atribut kaos bertulisan Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPMI) atau Kopnfederasi Seikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) yang melintas sepanjang jalan Batuampar, hingga pukul 08.15 WIB.

Editor: Surya