Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tanjungpinang Timur Juara Umum MTQ Tingkat Kota Tanjungpinang 2016
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 30-04-2016 | 15:58 WIB
lis-mtq.jpg Honda-Batam

Wali Kota Lis Darmansyah berfoto bersama kontingen Kecamatan Tanjungpinang Timur yang meraih juara MTQ tingkat Kota Tanjungpinang 2016)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) X Tingkat Kota Tanjungpinang yang berlangsung sejak 23 hingga 29 April 2016, di Terminal Sungai Carang, Bintan Center, resmi ditutup oleh Wali Kota Lis Darmansyah pada Jumat (29/4/2016) malam.

Pelaksanaan MTQ tersebut telah berjalan dengan sukses, yang memperlombakan enam cabang lomba, yaitu Tilawah Al-Quran, Hifzh Al-Quran, Fahmil Quran, Sarhil Quran, Khat Al-Quran, dan M2IQ, serta lomba Qasidah, Marawis dan Bazar, pawai taaruf diikuti oleh perwakilan empat kecamatan se- Kota Tanjungpinang.

Alhasil setelah mengikuti rangkaian penyelenggaraan MTQ dengan persaingan yang cukup ketat dari masing-masing perwakilan kafilah di empat kecamatan, maka dewan hakim memutuskan Kecamatan Tanjungpinang Timur berhasil meraih juara umum I, menyisihkan tiga Kecamatan Bukit Bestari meraih juara 2, Kecamatan Tanjungpinang Kota raih juara 3, dan posisi ke-4 diraih Kecamatan Tanjungpinang Barat.

"Selamat kepada sang juara, jadikanlah prestasi ini sebagai motivasi untuk mengembangkan ilmu Al-Quran yang dimiliki, dan kepada yang belum berhasil, jangan berkecil hati, jadikan ini sebagai cambuk untuk meningkatkan prestasi dan sebagai wahana meningkatkan iman dan taqwa," kata Lis.

Dikatakan Lis, melalui MTQ ini, bisa melahirkan Qori dan Qoriah,Hafish/Hafishah, Mufassir/Mufassirah sebagai duta terbaik pada STQ dan MTQ di tingkat provinsi maupun nasional.

Di samping itu, Lis berharap, pelaksanaan MTQ ini, jangan dilihat dari sisi teknis, tetapi sebagai proses pemahaman isi kandungan Al-Quran untuk tercapainya kehidupan yang hakiki di dunia dan akhirat. "Wahana ini dapat memantapkan komitmen pemerintah dan masyarakat dari dinamika kehidupan, agar nilai-nilai Al-Quran dijadikan landasan bagi kehidupan sehari-hari, selain itu, sebagai spirit untuk mendorong akrelasi pembangunan mental spritual di Kota Tanjungpinang," ujar Lis.

Untuk pemenang lomba pawai taaruf, Kecamatan Tanjungpinang Kota meraih juara 1, Kecamatan Tanjungpinang Timur juara 2, Kecamatan Bukit Bestari juara 3, dan Kecamatan Tanjungpinang Barat meraih juara harapan.

Sedangkan pada stand bazar, peringkat pertama diraih Kecamatan Tanjungpinang Timur, juara kedua Kecamatan Tanjungpinang Kota, peraih juara tiga Kecamatan Bukit Bestari, dan Kecamatan Bukit bestari mendapatkan juara harapan.

Sementara untuk lomba Astaka pada MTQ Kecamatan, Juara 1 diraih Kecamatan Tanjungpinang Kota, juara 2 dari Kecamatan Tanjungpinang Barat, juara 3 diraih oleh Kecamatan Bukit Bestari, dan Kecamatan Tanjungpinang Timur mendapat juara 4 atau harapan.

Editor : Dodo