Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sky Aviation Teken Kontrak Pembelian 12 Sukhoi Superjet 100
Oleh : Sumantri/Dodo
Selasa | 23-08-2011 | 10:12 WIB
Sky_Aviation.bmp Honda-Batam

Keterangan Foto: dari kiri ke kanan Komisaris PT Sky Aviation Yusuf Ardhi, Direktur Utama PT Sky Aviation Krisman Tarigan, Presiden Sukhoi Civil Aircraft Company Vladimir Prisyazhnyuk.

BATAM, batamtoday - Sebagai tindak lanjut dari penandatanganan Head of Agreements (HOA) pada bulan Juli di Le Bourget Airshow, Perancis, antara PT Sky Aviation dan Sukhoi Civil Aircraft Company (SCAC). Pada tanggal 16 Agustus 2011 PT Sky Aviation menandatangani kontrak pembelian sebanyak 12 pesawat baru jenis Sukhoi Superjet 100 (SSJ 100) dari SCAC.

Kontrak tersebut ditandatangani Vladimir Prisyazhnyuk selaku Presiden SCAC serta Yusuf Ardhi selaku Komisaris dan Krisman Tarigan selaku Direktur Utama PT Sky Aviation, di MAKS Air Show  2011 di Kota Zhukovsky tidak jauh dari Kota Moskow, Russia. Turut menyaksikan saat penandatangan Herry Bakti selaku Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan Republik Indonesia sebagai bentuk dukungan Pemerintah Indonesia.

Pembelian 12 pesawat SSJ 100, akan memperkuat PT Sky Aviation untuk melayani rute-rute baru. Pesawat pertama SSJ 100 dengan kapasistas 87 dan 98 tempat duduk dijadualkan akan tiba di Indonesia bulan Agustus 2012, Sky Aviation juga merupakan pengguna pesawat  SSJ 100 pertama di kawasan Asia Pasifik.

Untuk menjamin ketersediaan suku cadang, maka pada kesempatan yang sama telah ditandatangani MOU dengan Super Jet International (SJI) sehingga menjamin tingkat kehandalan pesawat armada SSJ 100.

“Pesawat SSJ 100 memberikan kenyamanan yang tinggi untuk menjadi jembatan udara yang tepat bagi masyarakat. Dengan adanya armada baru ini Sky Aviation dapat memenuhi target “Fly in Every Sky” di langit Indonesia,” ungkap Yusuf Ardhi, Komisaris Sky Aviation, kepada batamtoday, di Bandara Hang Nadim Batam, Selasa 23 Agustus 2011.


Senada dengan Yusuf Ardhi, Krisman Tarigan, Direktur Utama Sky Aviation menyatakan, Kapasitas penumpang pesawat Sukhoi Superjet 100 merupakan pilihan yang tepat untuk mengisi pasar Indonesia. Kerja sama dengan SJI akan menjamin ketersediaan suku cadang pesawat yang pada akhirnya menjamin kehandalan pesawat.

Pesawat Sukhoi Superjet 100 ini telah melakukan penerbangan sejak Mei 2008. Pada Februari 2011, SSJ 100 telah meraih Sertifikat Type (Type Certification) dari Otoritas Sertifikasi Rusia dan sertifikasi dari Otoritas Penerbangan Uni Eropa (EASA) akan diperoleh dalam waktu dekat.

Pesawat Sukhoi Superjet 100 mempunyai kemampuan kecepatan terbang maksimum 0.81 kecepatan suara (Mach 0.81) dan mencapai ketinggian 40.000 kaki. SSJ 100 dapat beroperasi di bandara dengan landasan pacu yang pendek 1.731 meter.