Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tingkatkan Ekonomi, Kalangan Perbankan Beri Edukasi ke Warga Anambas
Oleh : Alfredi Silalahi
Kamis | 28-04-2016 | 15:34 WIB
edukasi-perbankan.jpg Honda-Batam

Bupati Abdul Harris memberikan cinderamata kepada Kepala BI Provinsi Kepri, Gusti Raizal Eka Putra.

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas secara resmi membuka acara Edukasi Keuangan dan Sosialisasi Layanan Keuangan Digital (LKD) yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Bank Rakyat Indonesia, Bank Riau Kepri, Bank Negara Indonesia cabang Tarempa di Balai Pertemuan Masyarakat Siantan.

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris menyampaikan melalui sosialisasi tersebut, masyarakat dapat memanfaatkan program yang telah dibuat oleh pihak kalangan perbankan dan kalangan pengusaha kecil dapat pencerahan.

"Saya harapkan, melalui sosialisasi ini, masyarakat mendapat pencerahan. ‎Sehingga ekonomi daerah kita dapat meningkat kembali," katanya, Kamis (28/04/2016).

Haris menjelaskan, melalui perbankan pengusaha kecil juga dapat memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat(KUR) yang telah digagas oleh Pemerintah. Program tersebut,dibentuk untuk membantu masyarakat kecil, dan pelaku usaha kecil menengah.

"Masyarakat tidak usah khawatir, karena sudah adanya KUR yang membantu masyarakat dan pengusaha tentunya," terangnya.

Haris berharap besar agar perbankan dapat membuka cabang di daerah pulau terpencil, seperti Kiabu, Nyamuk dan lainnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau, Gusti Raizal Eka Putra mengatakan, KUR sudah berjalan di Anambas dan bekerjasama dengan Disperindagkop. Untuk di daerah pulau terpencil, pihaknya akan membentuk agen agar masyarakat tidak perlu ‎sibuk ke Tarempa.

"KUR ini sudah berjalan,dan pinjaman sudah mencapai Rp1 miliar lebih. Kalau untuk membangun bank di daerah,tentu perlu modal yang besar. Oleh karena itu kita menggaet agen saja. Melalui agen, masyarakat dapat transfer, meminjam dan mengambil duit," jelasnya.

Editor: Dodo