Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lonjakan Pemudik Belum Naik

Hang Nadim Tak Berikan Perlakuan Khusus Pada TKI
Oleh : sumantri/ sn
Senin | 22-08-2011 | 14:58 WIB
Suasana_Bandara_.jpg Honda-Batam

Suasana Bandara Hang Nadim, Senin 22 Agustus 2011,  H-9 Idul Fitri 1432 Hijriyah

BATAM, batamtoday - Pergerakan trafik penumpang pesawat terbang di Bandara International Hang Nadim Batam, hingga H-9 hari ini belum mengalami lonjakan yang berarti.

Pantauan batamtoday terhadap situasi Bandara Hang Nadim Batam terlihat, aktivitas pemudik masih belum begitu meningkat. Hanya untuk penerbangan pagi, untuk rute Batam-Jakarta penerbangan Lion Air dan Batavia Air dipenuhi oleh pemudik, yang rata-rata didominasi oleh Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

"Dapet cutinya tahun ini Mas, sayang kalau nggak dimanfaatin, mumpung tiket masih belum naik terlalu tinggi," ujar Syarifuddin, TKI asal Jember, yang menumpang Lion Air JT971 rute Batam-Jakarta, yang berangkat pada pukul 12.55 WIB.

Tahun ini, menurut otoritas bandara diperkirakan penumpang pesawat udara yang menggunakan bandara Hang Nadim Batam, meningkat 20% dibandingkan dengan tahun lalu.

Khusus untuk penumpang dari kelompok TKI, tahun ini bandara Hang Nadim tidak memperlakukan penanganan secara khsusus. Jika tahun lalu Hang Nadim menyediakan 'jalur hijau' yaitu gate khsusus untuk pintu masuk penumpang TKI, pada tahun ini hanya ada satu pintu masuk yang diperuntukkan bagi seluruh penumpang.